Analisis keterampilan berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Quellmalz dalam memecahkan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodriyyah, Mu'arrifati (2019) Analisis keterampilan berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Quellmalz dalam memecahkan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mu'arrifati Qodriyyah_D04215015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tipe kepribadian extrovert dan introvert memberikan perbedaan keterampilan berpikir dalam menyelesaikan masalah. Gambaran keterampilan berpikir tersebut dapat dilihat melalui Kerangka Kerja Quellmalz. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan berpikir siswa berdasarkan kerangka kerja Quellmalz dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa bertipe kepribadian extrovert dan dua siswa berkepribadian introvert kelas IX G MTsN 7 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas atau tes. Hasil data dari tes tertulis dan wawancara dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data keterampilan siswa sebagai berikut : (1) Siswa tipe kepribadian extrovert dalam pemecahan masalah matematika mampu menjelaskan maksud soal dengan bahasa sendiri. Mampu memaparkan strategi yang digunakannya, tapi hasil jawabannya kurang tepat. Subjek sangat yakin dengan jawabannya, namun tidak bisa menjelaskannya. Berdasarkan hal tersebut, subjek hanya memenuhi dua kategori keterampilan berpikir Quellmalz, yaitu mengingat dan analisis. (2) Siswa tipe kepribadian introvert dalam pemecahan masalah matematika mampu memaparkan maksud soal dengan bahasa sendiri. Subjek menjelaskan strategi yang digunakan. Caranya tepat sehingga hasil jawabannya benar, subjek juga tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Namun subjek ragu-ragu terkait kebenaran jawabannya. Berdasarkan hal tersebut, subjek memenuhi tiga kategori keterampilan berpikir Quellmalz yaitu mengingat, analisis, dan penarikan kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodriyyah, Mu'arrifatimuarrifatiqodriyyah@gmail.comD04215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Matematika
Keywords: Keterampilan berpikir; Kerangka Kerja Quellmalz; memecahkan masalah; kepribadian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Qodriyyah Mu'arrifati
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:48
Last Modified: 03 Oct 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35788

Actions (login required)

View Item View Item