Penggunaan argumentasi kolektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Walidah, Natasya Ziana (2019) Penggunaan argumentasi kolektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Natasya Ziana Walidah_D74215057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Argumentasi kolektif adalah bentuk argumentasi dalam interaksi antara guru dan siswa serta siswa yang satu dengan lainnya pada diskusi kelas untuk menghasilkan kesimpulan yang disepakati bersama, yang dapat berlangsung secara efektif berdasarkan kriteria connections, multiple perspective, relevant, high student participation, dan explicit warrants. Hal ini memungkinkan siswa dapat mengungkapkan ide-idenya sehingga terlibat pada diskusi kelas. Peran guru sangat diperlukan untuk mendukung hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk aktivitas guru dan siswa, jenis pertanyaan guru, serta peningkatan keterlibatan siswa pada penggunaan argumentasi kolektif yang efektif di kelas matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di kelas XI IPA 9 SMA Negeri 15 Surabaya pada materi program linear. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan 18 siswa terpilih berdasarkan keterlibatannya selama observasi aktivitas siswa dan peningkatan keterlibatan siswa berdasarkan hasil angket keterlibatan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis hasil observasi berdasarkan indikator aktivitas guru, siswa, dan jenis pertanyaan guru, analisis hasil wawancara melalui transkrip hasil wawancara, dan analisis hasil angket berdasarkan indikator aspek keterlibatan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, di antaranya: 1) bentuk aktivitas guru yang mendukung argumentasi kolektif secara efektif di kelas matematika, seperti: mengajukan pertanyaan, dan memberikan scaffolding, memilih strategi student-centered yang dapat melibatkan siswa, menampilkan kontribusi siswa melalui presentasi, mengarahkan perhatian dan argumen siswa, serta memberikan informasi yang jelas melalui deskripsi dan isyarat selama pembelajaran; sedangkan bentuk aktivitas siswa yang mendukung argumentasi kolektif secara efektif di kelas matematika, seperti: menyampaikan pendapat, berani menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainnya, berani bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, mengingat kembali materi yang telah diperoleh untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, menjelaskan langkah-langkah dari hasil diskusi kelompok, dan mendengarkan penjelasan materi dari guru selama pembelajaran; 2) jenis pertanyaan yang diberikan oleh guru dalam mendukung argumentasi kolektif secara efektif, seperti: meminta ide, meminta elaborasi melalui penyelidikan, menjelajahi makna dan/atau hubungan matematika, membangkitkan diskusi, berorientasi dan fokus, serta membimbing; serta 3) penggunaan argumentasi kolektif secara efektif di kelas matemamatika mampu meningkatkan keterlibatan siswa namun belum secara menyeluruh karena masih terdapat penurunan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Walidah, Natasya Ziananatasyazianaw@gmail.comD74215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED197206071997031001
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Walidah Natasya Ziana
Date Deposited: 03 Oct 2019 09:07
Last Modified: 03 Oct 2019 09:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35786

Actions (login required)

View Item View Item