Pengembangan media pembelajaran Matematika dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 untuk mengakomodir gaya belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadila, Azahra Rois (2019) Pengembangan media pembelajaran Matematika dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 untuk mengakomodir gaya belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azahra Rois Fadila_D74215033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah sangat rentan membuat peserta didik menjadi bosan dan jenuh. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan media pembelajaran matematika yang interaktif dan menyenangkan. Selain itu, media pembelajaran harus disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Pada penelitian ini dikembangakan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 sebagai media belajar yang mengakomodir gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika yang dikembangkan. Media pembelajaran dikembangkan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Uji coba media dilakukan pada 29 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, validasi ahli, angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 menggunakan 3 fase dari model Plomp, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk, dan fase penilaian. Media pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 4,02 dan dinyatakan praktis secara teori dengan kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sementara berdasarkan analisis data angket respons siswa, media pembelajaran dinyatakan praktis secara praktik dalam kategori positif dengan presentase 90,67%. Media pembelajaran matematika dinyatakan efektif dengan hasil persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 89,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadila, Azahra Roisazahrarfmansda@gmail.comD74215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Media Pembelajaran; Adobe Flash Professional CS 6; Gaya Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fadila Azahra Rois
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:50
Last Modified: 03 Oct 2019 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35780

Actions (login required)

View Item View Item