Pengembangan kreativitas siswa melalui ekstakulikuler program pendidikan setara Diploma Satu Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andaresta, Shella Armavia (2019) Pengembangan kreativitas siswa melalui ekstakulikuler program pendidikan setara Diploma Satu Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shella Armavia Andaresta_D93215085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Ekstrakurikuler Program Pendidikan Setara Diploma Satu Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh adanya program pengembangan siswa yang dijalankan di MAN Sidoarjo. Program tersebut adalah program ekstrakurikuler Prodistik. Program ekstrakurikuler tersebut dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler Prodistik di MAN Sidoarjo, pengembangan kreativitas siswa melalui ektrakurikuler Prodistik, dan faktor pendukung serta penghambat pengembangan kreativitas siswa melalui ektrakurikuler Prodistik . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah instruktur ekstrakurikuler dan Kepala Madrasah selanjutnya pembina ekstrakurikuler Prodistik sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini ialah pengembangan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler Prodistik. Adapun data penelitian diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Program ekstrakurikuler Prodistik di MAN Sidoarjo adalah ekstrakurikuler yang setara dengan program pendidikan diploma satu dan bekerjasama dengan ITS Surabaya. MAN Sidoarjo bergabung menjadi mitra dalam program tersebut sejak tahun 2011. Ekstrakurikuler Prodistik ini mengajarkan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian siswa yang selesai mengikuti akan mendapat ijazah yang setara dengan pendidikan diploma satu yang dikeluarkan oleh ITS Surabaya (2) Pengembangan kreativitas siswa di MAN Sidoarjo dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Prodistik. Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut selalu mendapat monitoring langsung dari ITS Surabaya sehingga dapat diketahui bagaimana perkembangannya. Bentuk kreativitas yang dikembangkan ialah gagasan kemudian dijadikan sebuah karya ataupun produk. Kegiatan tersebut dirasa tepat untuk dijadikan sebagai program pengembangan kreativitas siswa dan hal tersebut dapat dilihat dar hasil prestasi yang telah diraih siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler Prodistik. Keseluruhnya itu tidak luput dari upaya instruktur dan pembina ekstrakurikuler yang bersungguh-sungguh dalam pembelajaran (3) faktor yang mendukung pengembangan kreativitas melalui ekstrakurikuler Prodistik ialah adanya pendanaan, sarana dan prasarana serta instruktur yang berkompeten dalam bidang teknologi ninformasi dan komunikasi yang telah dimiliki oleh madrasah. Sedangakan yang menjadi faktor penghambat adalah dari siswa sendiri yang kurang bisa mengatur jadwal ekstrakurikuler dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andaresta, Shella Armaviashellaarmavia27@gmail.comD93215085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, HanunUNSPECIFIED196804101995032002
Thesis advisorMustofa, AliUNSPECIFIED197612252005011008
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andaresta Shella Armavia
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:53
Last Modified: 02 Oct 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35755

Actions (login required)

View Item View Item