Implementasi sistem informasi manajemen nilai siswa dalam pengembangan layanan pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Shabrina Ismi (2019) Implementasi sistem informasi manajemen nilai siswa dalam pengembangan layanan pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shabrina Ismi Husna_D93215084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Implementasi Sistem Informasi Manajemen Nilai Siswa dalam Pengembangan Layanan Pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh peneliti menemukan sebuah aplikasi sistem informasi manajemen nilai siswa online yang belum ada dan belum dimiliki oleh sekolah lain sederajat dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) favorit di daerah Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Nilai Siswa di SMP Negeri 5 Sidoarjo, mendeskripsikan pengembangan layanan pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo, dan mendeskripsikan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Nilai Siswa dalam Pengembangan Layanan Pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pencipta dan Operator Utama SIMANIS, perwakilan guru, dan perwakilan walimurid atau orangtua sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah implementasi sistem informasi manajemen nilai siswa dalam pengembangan layanan pendidikan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem Informasi Manajemen Nilai Siswa yang ada di SMP Negeri 5 Sidoarjo ini merupakan sistem informasi layanan penilaian siswa yang dikenal dengan istilah SIMANIS. Digunakan sebagai acuan untuk wali murid dan guru memantau perkembangan hasil belajar anak atau siswanya dimanapun dan kapanpun. SIMANIS ini berbasis online, terdiri dari penilaian harian, PTS, PAS, dan Try Out serta analisis hasil belajar siswa per mata pelajaran. Data yang ada di dalam SIMANIS yaitu data semua guru per mata pelajaran. (2) Pengembangan layanan pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo dikembangkan melalui beberapa sistem layanan pendidikan yang berbasis online. Layanan pendidikan ini menyiapkan beberapa infrastruktur mulai dari petugas layanan, prosedur layanan, serta proses pelaksanaan layanan pendidikan secara terpadu. SMP Negeri 5 Sidoarjo ini menerapkan pengembangan layanan pendidikan terpadu berbasis online. Layanan pendidikan terpadu itu ditujukan untuk wali murid atau orang tua, guru, siswa serta komite. (3) Implementasi SIMANIS dalam pengembangan layanan pendidikan di SMP Negeri 5 Sidoarjo menggunakan mekanisme prinsip manajemen dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan hingga pengawasan secara terpadu. Perencanaan, kedepannya SIMANIS menjadi sebuah acuan walimurid. Pengorganisasian, ada 3 stakeholder yang berperan penting, yang pertama kepala sekolah, kedua tim pengembang SIMANIS dan dewan guru, yang ketiga wali murid dan komite. Pengawasan, kepala sekolah memantau kinerja tim pengembang SIMANIS dan tim pengembang SIMANIS selalu memantau server.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Shabrina Ismiismi.shabrina26@gmail.comD93215084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFanani, A.Z.UNSPECIFIED195501211985031002
Thesis advisorHuda, Muhammad NurilUNSPECIFIED198006272008011006
Subjects: Internet
Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Husna Shabrina Ismi
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:48
Last Modified: 02 Oct 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35752

Actions (login required)

View Item View Item