Kontruksi sosial masyarakat desa terhadap keberadaan Makam Mbah Sinari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasyrudin, M. (2019) Kontruksi sosial masyarakat desa terhadap keberadaan Makam Mbah Sinari. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Nasyrudin_F02917263.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Manting merupakan salah satu desa yang masuk pada konservasi situs purbakala dan merupakan salah satu desa dari kecamatan jatirejo samping kecamatan trowulan. Yang menarik dari riset ini adalah ditemukan makam yang belum jelas identitasnya dalam kepustakaan zaman dulu, dan makam ini mempunyai keistimewaan sendiri sehingga banyak didatangi oleh peziarah dari berbagai daerah untuk mencari berkah dari adanya makam tersebut. Nama makam tersebut adalah Syekh Sayyid Marzuki atau terkenal dengan sebutan Mbah Sinari. Tujuan dari riset ini sendiri adalah untuk mengetahui 1) pandangan masyarakat desa terhadap keberadaan makam, 2) kontruksi sosial maasyarakat desa terhadapa keberadaan makam dan 3) dampak keberadaan makam terhadap kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan feomenologi, dan untuk sumber datanya adalah masyarakat desa setempat dan para peziarah dengan penggolongan identitas sesuai santri dan abangan, data ini dikumpulkan dengan cara wawacara mendalam, mencatat sejarah yang berhubungan dengan perkembangan pemikiran masyarakat terhadap makam tersebut. Hasil riset ini menunjukan tentang pandangan masyarakat terhadap keberadaan makam mbah sinari yang dikategori dalam dua hal yakni yang memandang bahwa mbah sinari merupakan Wali dan mbah Sinari merupakan penasihat kerajaan majapahit zaman dulu. Disamping itu pemaparan proses kontruksi sosial mulai dari Eksternalisasi, Subyektifasi, dan internalisasi yang terus belanjut sampai sekarang. Dan Terakhir pemaparan tentang kondisi masyarakat desa dampak adanya makam tersebut dengan semakin banyaknya peziarah yang datang yang berpengaruh pada kondisi sosial, ekonomi dan budaya mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasyrudin, M.Nasroden5@gmail.comF02917263
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, AbdulAbdulMuhid@gmail.com197502052003121002
Subjects: Pemikiran
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Nasyrudin M.
Date Deposited: 11 Oct 2019 07:14
Last Modified: 11 Oct 2019 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35730

Actions (login required)

View Item View Item