Peran komunitas pemuda dalam pendidikan anti korupsi di Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Nur (2019) Peran komunitas pemuda dalam pendidikan anti korupsi di Bangkalan Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hakim_F520915027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anti korupsi di bangkalan memiliki banyak komunitas satu di antaranya komunitas pemuda, komunitas pemuda sendiri tergolong banyak organisasi. Ada organisasi yang terstruktur secara nasional sampai ke desa seperti Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Ada yang terstruktur secara nasional sampai ke kabupaten kota seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ada pula yang hanya berstruktur lokal seperti Gelora Mahasiswa Penyelamat Rakyat (GEMPAR), Madura Corruption Watch (MCW), Centre Of Islamic And Democration Studie’s (CIDE), Pemuda Bangkalan Bersatu (PBB). Temuan korupsi di bangkalan terindikasi pada kuatnya relasi para penguasa lokal, dan hal tersebut menjadi rahasia umum di kabupaten bangkalan. Oleh sebab itu peneliti mengangkat peran komunitas pemuda dalam memerangi korupsi yang akut di kabupaten bangkalan dengan sector pendidikan anti korupsi. Peneliti menggunakan metodolodi kualitatif dengan model etnografis yang menekankan pada pengalaman dan obyektifitas. Peneliti fokus pada teori relasi kekuasaan, teori motif sosial dan pendidikan anti korupsi dalam melakukan penelitian, sebab korupsi di kabupaten bangkalan termasuk korupsi yang akut. Korupsi yang terjadi begitu massif dan berjamaah. Bukan hanya pejabat publik pemerintahan kabupaten tetapi sampai pada ke akar rumput. Malah yang lebih parah korupsi sudah menjadi trend dan gaya hidup para pemangku jabatan hal tersebut juga banyak di pengaruhi oleh kuatnya relasi dan ada motif sosial dalam melakukan tindak pidana korupsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, NurSyamrabu99@gmail.comF520915027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuis, SuisUNSPECIFIED196201011997031002
Subjects: Pendidikan
Pemuda Islam
Korupsi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Hakim Nur
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:32
Last Modified: 30 Sep 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35723

Actions (login required)

View Item View Item