Kontra narasi radikalisme Islam di media sosial: studi kasus GP Ansor Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Moch. Kholid (2019) Kontra narasi radikalisme Islam di media sosial: studi kasus GP Ansor Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Kholid Afandi_F52917018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangakat dari rasa penting dan relevan dilakukan melihat peliknya persoalan mengatas namakan agama yang menguat di situs media sosial akhir-akhir ini, yang dirasa melewati batas untuk mempengaruhi seseorang dengan sangat efektif. Perlunya kontra narasi yang dilakukan organisasi kepemudaan untuk menangkal radikalisme islam di media sosial. Obyek penelitian ini adalah GP Ansor Surabaya. (1)Bagaimana Pemahaman GP Ansor Surabaya Terhadap Wacana Radikalisme Islam Di Media Sosial .(2) Bagaimana GP Ansor Melakukan Kontra Narasi Radikalisme Islam Di Media Sosial.(3) Bagaimana Implikasi Dari Gerakan Kontra Narasi Radikalisme Islam Di Media Sosial Oleh GP Ansor Terhadap Dinamika Kepemudaan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber, baik primer melalui GP Ansor surabaya maupun skunder dan dokumen-dokumen terkait.teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) GP Ansor Surabaya memahami bahwa Wacana Radikalisme Islam Di Media Sosial adalah sebuah ancaman bagi NKRI dan Pacasila. Karena Radikalisme adalah suatu ideologi (ide atau gagasan) dan paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ ekstrim.(2) GP Ansor Melakukan Kontra Narasi Radikalisme Islam Di Media Sosial dengan melakukan pembentukan Ansor Cyber Army dan pasukan anti hoax juga menyelenggarakn berbagai program pencegahan radikalisme seperti pelatihan literasi digital. Seminar bahaya radikalisme di medsos.(3) Implikasi Dari Gerakan Kontra Narasi Radikalisme Islam Di Media Sosial Oleh GP Ansor Terhadap Dinamika Kepemudaan Islam meningkatnya pemahaman masyarakat tentang toleransi dan dakwah Islam yang ramah di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Moch. Kholidaffandi1998@gmail.comF52917018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFuad, Ahmad NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Radikal dan Radikalisme
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Afandi Moch Kholid
Date Deposited: 30 Sep 2019 06:40
Last Modified: 30 Sep 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35721

Actions (login required)

View Item View Item