Makna Ngalap Berkah di Petilasan Sri Aji Jayabaya: Studi pada peziarah di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Pagu Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetio, Bambang (2019) Makna Ngalap Berkah di Petilasan Sri Aji Jayabaya: Studi pada peziarah di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang Pagu Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bambang Prasetio_F02917257.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia suatu saat pasti akan memiliki rasa ketidakmampuan dan kelemahan pada dirinya. Untuk melengkapi ketidakmampuan dan kelemahannya itu, manusia akan membutuhkan adanya kekuatan di luar dirinya. Hal ini yang mendorong manusia untuk datang ke tempat-tempat tertentu hingga mempunyai keinginan untuk mendapatkan keberkahan dari suatu tempat tersebut. Dalam pokok masalah penelitian ini menjawab: 1). Bagaimana konsep ngalap berkah? 2). Mengapa memilih petilasan Jayabaya Kediri? 3). Bagaimana makna ngalap berkah peziarah petilasan Sri Aji Jayabaya Kediri?, Penelitian menggunakan pendekatan fenomenologis yang lebih menekankan pada makna ngalap berkah dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan interview atau wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis fenomenologi Alfred Schutz tentang makna, dan di dukung dengan teori tindakan dari Talcott Parsons. Hasil penelitian ini, mengungkapkan bahwa makna ngalap berkah yang dilakukan di petilasan tersebut mempunyai beragam tujuan dan cara yang dilakukan oleh setiap peziarah. Sebagian besar peziarah datang dengan tujuan ekonomi seperti agar dilancarkan dalam usaha atau perdagangan. Hanya terdapat beberapa peziarah yang datang karena mempunyai tujuan dalam hal jabatan tertentu. Sehingga dapat diartikan bahwa latar belakang Sri Aji Jayabaya sebagai seorang raja tidak serta merta memberikan pengaruh peziarah yang datang dengan tujuan mendapatkan suatu jabatan tertentu, justru sebagian besar mereka yang datang adalah peziarah yang menginginkan kesejahteraan dalam hal ekonomi, seperti perdagangan, dan mereka yang datang untuk mencari ketenangan batin yaitu peziarah yang bekerja sebagai paranormal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetio, Bambangtioprasetio02@gmail.comF02917257
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com197502052003121002
Subjects: Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Ngalap Berkah; Joyoboyo;
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Prasetio Bambang
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:03
Last Modified: 26 Sep 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35710

Actions (login required)

View Item View Item