Studi komparasi manajemen masjid di Masjid Nasional al Akbar Surabaya dan Masjid Agung Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Leqsmana, Muhammad Ade Surya (2019) Studi komparasi manajemen masjid di Masjid Nasional al Akbar Surabaya dan Masjid Agung Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ade Surya Leqsmana_F02917262.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis melihat bahwasannya secara terminologi masjid adalah tempat peribadatan umat Islam untuk berserah diri kepada Allah SWT. Selain digunakan sebagai tempat peribadatan semata ternyata masjid juga memiliki fungsi yang beragam dan memiliki banyak manfaat jika dikelola dengan ilmu manajemen yang baik. Seperti contohnya masjid bisa dijadikan sebagai tempat untuk menuntut ilmu, pusat pendidikan, ekonomi, sosial, politik, pengajian keagamaan, dan lain sebagainya. Dikarenakan banyaknya fungsi dan manfaat itulah maka masjid memiliki peranan yang strategi dalam peradaban umat Islam. Dan sejarah telah membuktikan kemulti fungsian dan manfaat dari sebuah masjid. Masjid ternyata tidak hanya memiliki fungsi hanya sebatas untuk kegaiatan beribadah atau ritual semata, melainkan juga berfungsi sebagai peningkatan ekonomi masyarakat dan tempat untuk memberdayakan masyarakat. Contohnya seperti, penyelenggaraan baitul mal, infak, shodaqoh, dan zakat. Oleh sebab itu, para pengurus masjid harus mampu untuk meningkatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh masjid. Dan ternyata potensi tersebut sangatlah besar manfaatnya bagi umat Islam selama masjid bisa dikelola dengan baik dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui perbandingan Manajemen Masjid yang ada di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dengan Masjid Agung Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian adalah metode pendekatan kualitatif. Tentunya penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan interview/ wawancara. Dari hasil penelitian ini tampak bahwa terdapat perbedaan manajemen masjid antara Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang dominan pada kuatnya struktur pengorganisasian dan program-programnya, dan Masjid Agung Ampel Surabaya yang berhubungan erat dengan ritual ziarah sekaligus sebagai obyek wisata religius yang sangat terkenal. Dan dari hasi penelitian tampak bahwa yang telah dilakukan oleh takmir masjid dari waktu ke waktu bisa memberikan efek yang baik warga sekitar masjid dan juga pada para jama’ahnya. Sehingga tersedialah kegiatan, program dan sarana ibadah yang dapat dinikmati secara optimal bagi kemajuan Islam. Dan tentunya menjadikan masjid sebagai wadah pemersatu umat islam. Sehingga dari manajemen masjid ini di terapkan kedalam pembuatan kebijakan masjid, penyusunan struktur organisasi, mengalokasikan sumber daya yang dimiliki hingga dilakukannya sebuah evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Leqsmana, Muhammad Ade Surya4d3sury4@gmail.comF02917262
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholeh, ShonhadjiUNSPECIFIED194907281967121001
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Manajemen masjid; Masjid Nasional al Akbar Surabaya; Masjid Agung Ampel Surabaya
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: S1 adesurya zoldik
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:28
Last Modified: 20 Sep 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35686

Actions (login required)

View Item View Item