Pengembangan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah: studi multi situs di MIN 1 dan MIN 4 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Jauharotul (2019) Pengembangan profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah: studi multi situs di MIN 1 dan MIN 4 Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jauharotul Mufidah_F02A16205.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan faktor paling dominan dalam dunia pendidikan. Untuk melaksanakan tugasnya secara utuh, guru perlu mengembangkan kemampuan profesinya. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan berbagai kejadian seperti guru dalam pelaksanaan pengembangan mengajar, mengikuti pelatihan, menghadiri seminar, konferensi, dan lokakarya belum optimal karena guru banyak yang pasif dalam melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pengembangan profesionalisme guru di MIN 1 dan MIN 4 Jombang, implikasi pengembangan profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran di MIN 1 dan MIN 4 Jombang, dan faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya dalam pengembangan profesionalisme guru di MIN 1 dan MIN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dan lokasi penelitian ini adalah guru MIN 1 dan MIN 4 Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan profesionalisme guru di MIN 1 dan MIN 4 Jombang diberlakukannya 3 program yaitu program sertifikasi, program supervisi dan PKB. Program sertifikasi dan supervisi sudah berjalan optimal. Tetapi untuk PKB belum berjalan optimal karena unsur yang belum terlaksana yaitu kegiatan publikasi ilmiah dan karya inovatif. (2) pengembangan profesionalisme guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, (3) faktor pendukung meliputi: prestasi guru, ketersediaan guru memadai, fasilitas dari madrasah, agenda supervisi, kerjasama dengan perguruan tinggi dan pengalaman mengajar, sedangkan faktor penghambat meliputi: waktu, solusinya mengurangi beban dan tugas guru,faktor usia, solusinya membangun hubungan kesejawatanguru dan masyarakat, kurangnya sosialisasi,solusinya yaitu melibatkan lembaga masyarakat dan pakar perguruan tinggi, kurang menguasai ilmu teknologi, solusinya pelatihan lebih lanjut penggunaan alat teknologi dan madrasah menyediakan fasilitas, dan kesadaran diri, solusinya guru harus memahami tuntutan standar profesi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Jauharotulvee.musvid@gmail.comF02A16205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTolchah, Moch.UNSPECIFIED195303051986031001
Subjects: Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jauharotul Jauharotul Mufidah
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:13
Last Modified: 20 Sep 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35655

Actions (login required)

View Item View Item