Analisis hukum Islam terhadap tradisi Le’ Melle' di desa Dlambah Laok Kec. Tanah Merah Kab. Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Ainul (2019) Analisis hukum Islam terhadap tradisi Le’ Melle' di desa Dlambah Laok Kec. Tanah Merah Kab. Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainul Yaqin_C01212007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Le’ Melle’ di Desa Dlambah Laok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Skripsi ini disusun untuk menjawab tentang 1) Bagaimana tradisi Le’ Melle’ di Desa Dlambah Laok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan?. 2) Bagaimana Pandangan Hukum Islam terhadap tradisi Le’ Melle’ di Desa Dlambah Laok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Serta, menggunakan metode pengumpulan data yang terstruktur melalui wawancara, dokumentasi dan pengumpulan data-data lainnya. Dengan melalui wawancara yang diambil dari beberapa tokoh di Desa Dlambah Laok serta mendokumentasikannya dalam bentuk potret. Pada kasus tersebut, ditemukan sebuah adat yang biasa disebut dengan Le’ Melle’ yang bisa diartikan sebagai tradisi begadang pada saat ada yang melakukan hajatan walimah di desa tersebut. Hanya saja, pada kasus ini tradisi tersebut terdapat dikotori oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab dengan memanfaatkan momen berkumpulnya warga tersebut diisi dengan perjudian dan mabuk-mabukan. Sehingga, atas dasar tersebut tradisi yang sudah dilaksanakan selama turun temurun tersebut tidak perlu dihapus atau dihilangkan prosesinya. Jadi, cukup dihilangkan hal-hal yang mengandung unsur kemaksiatan tersebut. Dari situ, sduah menjadi tanggung jawab bersama untuk sama-sama mengawal prosesi tradisi dengan baik agar berjalan sebagaimana mestinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Ainulainulyaqinsyukur94@gmail.comC01212007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, DakwatulUNSPECIFIED195704231986032001
Subjects: Hukum Islam
Budaya
Keywords: Hukum Islam; tradisi Le’ Melle'
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Yaqin Ainul
Date Deposited: 13 Sep 2019 07:28
Last Modified: 13 Sep 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35647

Actions (login required)

View Item View Item