Fenomena Jilbab perspektif Edmund Husserl: studi kasus pemakaian Jilbab kalangan wanita pekerja di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma’arifah, Fitri Aisyah (2019) Fenomena Jilbab perspektif Edmund Husserl: studi kasus pemakaian Jilbab kalangan wanita pekerja di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Aisyah Ma’arifah_E01212004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Fenomena Jilbab Perspektif Edmund Husserl (Studi Kasus Fenomena Pemakaian Jilbab Wanita Pekerja di Surabaya).” Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari wanita pekerja yaitu selaku orang yang diamati dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi Edmund Husserl. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama proses penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada sebab-sebab atau faktor terjadinya ketidak konsistennya wanita pekerja dalam berjilbab di Surabaya. Penulis bagi menjadi dua, yaitu faktor Internal dan faktor eksternal. Faktor Internal diantaranya 1) keinginan untuk berjilbab, 2) memenuhi kewajiban wanita muslimah untuk berjilbab. Sedangkan dari faktor eksternalnya sendiri adalah 1) Faktor peraturan kantor yang tidak memperbolehkan berjilbab, 2) Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi ketidakkonsistennya untuk berjilbab. Dari kedua faktor tersebut faktor yang paling berpengaruh dalam ketidakkonsistennya pemakaian jilbab wanita pekerja adalah peraturan sebagian perusahaan yang berlaku untuk karyawati agar tidak memakai jilbab saat bekerja. Hal ini menjadi kebimbangan bagi wanita pekerja di saat keinginan mereka ingin memakai jilbab untuk kewajiban sebagai wanita muslimah harus terkesampingkan karena peraturan di tempat kerjanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma’arifah, Fitri Aisyahfitriaisyah9416@gmail.comE01212004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muhammad HilmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Wanita dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ma'arifah Fitri Aisyah
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:23
Last Modified: 13 Sep 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35645

Actions (login required)

View Item View Item