Analisis hukum Islam terhadap tradisi Mruwat Kala atas pernikahan anak tunggal di Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thobroni, Imam (2019) Analisis hukum Islam terhadap tradisi Mruwat Kala atas pernikahan anak tunggal di Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Thobroni_C01212076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Tradisi Mruwat Kala Atas Pernikahan Anak Tunggal Di Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan” untuk menjawab rumusan masalah bagaimana deskripsi tradisi mruwat kala atas pernikahan anak tunggal?, Bagaimana analisis ‘urf terhadap tradisi mruwat kala atas pernikahan anak tunggal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dimana datanya diperoleh melalui wawancara dan observasi yang terkait tentang adat ruwatan perkawinan anak tunggal di Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Setelah data terkumpul lalu dianalisis menggunakan deskriptif data secara induktif untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap adat ruwatan anak tunggal di Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adat ruwatan adalah suatu tradisi yang dilakukan sebelum akad nikah terhadap anak tunggal, dengan harapan selalu diberi keselamatan dalam pernikahannya, dengan tidak ada gangguan dari manapun termasuk dari makhluk ghaib/bathara kala dengan munajat berdoa. Tradisi ini bisa diterima oleh masyarakat yang menjalankan tradisi tersebut, dan juga tidak bertentangan dengan syariat, nalar dan budi pekerti. Saran penulis untuk masyarakat Desa Kedungguwo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan pada umumnya, alangkah baiknya tetap menjaga dan melestarikan apa yang telah diwariskan kepada kita termasuk kebiasaan atau adat yang menjadi ciri khas masyarakat Islam di Nusantara. Dalam menghadapi berbagai macam tradisi yang ada, hendaknya masyarakat tahu betul mana yang dapat menguatkan akidah dan mana yang dapat melemahkan akidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thobroni, Imamkuchenks123@gmail.comC01212076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhufron, MuhammadUNSPECIFIED197602242001121003
Subjects: Nikah
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; tradisi Mruwat Kala; pernikahan anak tunggal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Thobroni Imam
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:26
Last Modified: 10 Sep 2019 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35633

Actions (login required)

View Item View Item