Manajemen strategis masjid: studi kasus Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noerdin, Achmad (2019) Manajemen strategis masjid: studi kasus Masjid Al Wahyu Wisma Menanggal Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Noerdin_F02917251.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas keresahan penulis melihat Lembaga dakwah yaitu Masjid yang dalam pelaksanaan program-programnya mengalami stagnan atau tidak ada kemajuan. Yang berakibat pada melambatnya pensyiaran ajaran islam di masyarakat. Di tengah fenomena tersebut terdapat Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya yang menerapkan manajemen yang modern sehingga berhasil menjadi Masjid Besar yang menjadi rujukan bagi warga Wisma Menanggal Surabaya. Proses Masjid Al-Wahyu menjadi Masjid yang besar dalam hal ini melalui proses yang cukup panjang. Peneliti hendak ingin mendalami terkait dengan proses Management Strategis yang dilakukan oleh Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya sehingga bisa menjadi Masjid yang berkembang dan program-programnya bisa banyak yang berjalan. Rumusan masalah yang nantinya akan diteleiti adalah Manajemen Strategis Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya periode 2013-2018 dan Proses pembuatan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi yang di jalankan oleh Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya periode 2013 – 2018. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan pihak sentral yang melaksanakan manajemen strategis yaitu Ketua Harian Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya dan ditambah dengan dokumen resmi berupa AD/ART dan juga rancangan program Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisa dengan teori Manajemen Strategis Fred David. Penelitian berkesimpulan bahwa Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya telah menerapkan manajemen strategis dalam pengelolaannya. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan jumlah jamaah sholat yang awalnya hanya sebatas 1 atau 2 shaff sebelum adanya proses manajemen strategis yang dijalankan, tetapi setelah adanya proses penetrasi pasar dan pengembangan produk yang dilakukan oleh ta’mir masjid yang baru yaitu di tahun 2003 hingga sekarang maka jamaah yang datang ke Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya dalam hal ini sangat banyak sekali bahkan jamaahnya mencapai 8-14 shaff setiap sholat 5 waktu. Saran untuk Manajemen Strategis Masjid Al-Wahyu Wisma Menanggal Surabaya dalam pelaksanaan proses evaluasi yang dilakukan dalam hal ini seharusnya dilakukan secara rutin dan juga dengan menyeluruh sehingga bisa mengetahui kekurangan gerak dan bisa melakukan perbaikan di tahun selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noerdin, Achmadbrilliantman.1927@gmail.comF02917251
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, ShonhadjiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Noerdin Achmad
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:49
Last Modified: 09 Sep 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35626

Actions (login required)

View Item View Item