Respon politik pemuda terhadap hegemoni dinasti politik Kaum Sarungan di Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

So'im, M. (2019) Respon politik pemuda terhadap hegemoni dinasti politik Kaum Sarungan di Bangkalan Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
So'im_F520915019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang akan dikaji oleh penulis dalam tesis ini yaitu: (1) Bagaimana Teori hegemoni yang dilakukan dinasti politik kaum sarungan terhadap politik pemuda (2), Bagaimana penerapan tori hegemoni terhadap hegemoni dinasti politik kaum sarungan? (3) Bagaiman respon politik pemuda terhadap hegemoni dinasti politik kaum sarungan? Dalam persoalan tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan etnografi, yang berguna untuk mengungkapkan fakta dan data, sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif yang dimaksudkan untuk mendesripsikan dan menganalisis tindakan-tidakan hegemoni dinasti terhadap masyarakat serta respon para pemudanya yang merupakan intelektual organik.. Sesuai jenis penelitian, maka tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan beberapa hal: pertama; peneliti undang-undang desentralisasi telah membuka kesempatan bagi orang yang berpengaruh di tingkat lokal untuk memenangkan kontestasi. Kedua; dinasti politik kaum sarungan menjadi trah tak tergantikan dalam memimpin Bangkalan selama dua dekade. Dan yang ketiga; respon yang dilakukan oleh para politik pemuda terhadap hegemoni dinasti politik kaum sarungan berupa edukasi politik dan advokasi yang diaktualisasikan dalam berbagai kegiatan dan sosialisasi. Bertilik tolak dari penelitian ini, yang hanya mengungkap aspek hegemoninya saja, maka peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya menjelaskan bagaimana aspek-aspek dari sisi yang lain ikut mempengaruhi perspektif atau cara pandang masyarakat Bangkalan. Seperti misalnya dari aspek dominasi dalam hal ini penggunaan kekerasan fisik yang dilakukan oleh dinasti politik kaum sarungan. Karena dalam tinjauan singkat penulis di Bangkalan, sisi tersebut sedikit ataupun banyak ikut mempengaruhi jalannya politik di Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
So'im, M.mshoim370@gmail.comF520915019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuis, SuisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Politik
Pemuda Islam
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: So'im M.
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:50
Last Modified: 10 Sep 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35614

Actions (login required)

View Item View Item