Kebolehan wanita yang sedang Haid masuk masjid dalam Sunan Abu Dawud Nomer Indeks 261

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathuroji, Fathuroji (2010) Kebolehan wanita yang sedang Haid masuk masjid dalam Sunan Abu Dawud Nomer Indeks 261. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathuroji_E63207035.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35603

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana kualitas sanad dan matan hadis serta pemahaman hadis pandangan Islam tentang wanita yang sedang haid masuk masjid dalam Sunan Abu Dawud Nao Indeks 261. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian literer (Library research). Jadi, Pengumpulan data yang diperoleh dengan meneliti kitab Sunan Abu Dawud dan dibantu dengan kitab-kitab standar lainnya, Kemudian dianalisa dengan menggunakan metode Takhrij. I'tibar, kritik sanad dan kritik matan Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa hadis masalah pandangan Islam tentang wanita yang sedang haid masuk masjid dalam Sunan Abu Dawud No Indeks 261 yang di publikasikan oleh Sunan Abu Dawud dengan jalur Musaddad bin Musarhad, Abu Muawiyah. Sulaiamn bin Mahran/ A'masy, Tsabit bin Ubaid, Qasim, Aisyah langsung memperoleh hadis dari Rasul ullah saw berstatus shahih. Nilai keshahihan ini bersumber dari ketsiqahan dan kedhabitan atu integritas dan intlektualitas kesemuanya dari para perawi dalam sanad tersebut. Adapun hadis dari Sunan Abu Dawud ini dicorroborasi-kan dengan sanad-sanad dari jalur lain misalnya: al-Tirmidzi, Ahmad bin Hanbat Muslim, Nasa'i. Maka nilai hadis tersebut akan menjadi kuat sebab disitu ditemuakan para perawi-perawi yang statusnya menjadi muttabi' bagi Musaddad bin Musarhad baik yang muttabi' tamm maupun multabi • qashir yang semuanya dinilai para kritikus hadis sebagai perawi-perawi yang tsiqah. Disan1ping itu semuanya sanadnya bersabung mulai dari mukharU hadits-nya sampai kepada sumber utama berita, yakni Rasulullah saw. Serta tidak adanya 'illat atau syudud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathuroji, Fathurojidigilib@uinsby.ac.idE63207035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAchyar, Muh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Wanita dalam Islam
Keywords: Perempuan; haid; masjid dan hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:21
Last Modified: 05 Sep 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35603

Actions (login required)

View Item View Item