Penggunaan dana desa di bidang pembangunan perbaikan jalan menurut Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa perspektif Fiqh Siyasah: studi kasus di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayaty, Naffa Ardlilla (2019) Penggunaan dana desa di bidang pembangunan perbaikan jalan menurut Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa perspektif Fiqh Siyasah: studi kasus di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naffa Ardlilla H_C05215032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penggunaan Dana Desa di Bidang Pembangunan Perbaikan Jalan Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Perspektif Fiqh Siyasah bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana Penggunaan Dana Desa di Bidang Pembangunan Perbaikan Jalan Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan bagaimana Penggunaan Dana Desa di Bidang Pembangunan Perbaikan Jalan Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data, diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan deskriptif terhadap gambaran mengenai objek penelitian yang dihubungkan dengan permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala desa dalam penggunaan dana desa di bidang pembangunan perbaikan jalan di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik tidak sesuai dengan Undang-Undnag Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa karena pada tahun 2017 dana Desa hanya dianggarkan untuk pembangunan drainase dan (TPS) tempat pembuangan sampah. Di dalam perspektif fiqh siyasah, penggunaan dana desa di bidang pembangunan perbaikan jalan di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik tidak sesuai karena penggunaan dana desa tidak sesuai dengan peruntukan yang telah ditentukan dalam peraturan yang dibuat oleh peremerintah yaitu Undang-Undang. Penulis mengharapkan untuk kedepanya pemerintah Desa Bolo dapat melakukan penggunaan dana desa lebih optimal, dan Kepala desa sebagai wakil desa seharusnya menggunakan dana desa sesuai dengan peraturannya dan masyarakat Desa Bolo seharusnya turut serta dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa dalam pembangunan agar mereka semua mengetahui trealisasinya dana desa untuk keperluan dan kemaslahatan yang bertujuan untuk berkembangnya masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayaty, Naffa Ardlillanaffaardilla@gmail.comC05215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMakinuddin, Makinuddinmakinuddin@uinsby.ac.id195711101996031001
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Pembangunan
Uncontrolled Keywords: Dana desa; perbaikan; pembangunan desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Hidayaty Naffa Ardlilla
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:37
Last Modified: 04 Sep 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35597

Actions (login required)

View Item View Item