Aktris muslimah dalam pementasan teater: study mahasiswa yang menjadi aktris di UKM Teater Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Timoer, Dwi Citra (2019) Aktris muslimah dalam pementasan teater: study mahasiswa yang menjadi aktris di UKM Teater Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Citra Timoer_I73215061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan perkembangan zaman, keterlibatan kaum perempuan dalam dunia teater mengalami peningkatan. Komunitas teater mulai bermunculan terutama anggota perempuan yang masuk dalam dunia teater, tentu tidak mudah bagi perempuan memasuki pekerjaan yang memiliki streotipe negatife dari orang lain. Berbagai dilema mereka hadapi dan mereka memiliki cara masing-masing dalam mengahadapi dilema-dilema tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dilema apa saja yang dihadapi oleh aktor perempuan khususnya muslimah dan bagaimana cara untuk menghadapi dilema-dilema tersebut. Dan untuk menganalisanya menggunakan teori Pilihan Rasional Coleman. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa aktor perempuan kerap dinilai negatif oleh orang lain karena seringnya pulang malam untuk mengikuti kegiatan di teater. Dari situ, cara mereka menyikapi pandangan negative dari orang lain dengan cara tidak memperdulikan orang lain dan memotivasi diri sendiri. Kemudian anggota teater perempuan yang menjadi aktor untuk sebuah pementasan juga dipandang negatif karena mereka melepas jilbab karena tuntutan peran dan beradu akting dengan lawan jenis yang dipandang negatif bagi penonton, cara mereka menyikapi hal tersebut dengan motivasi yang diberikan oleh sutradara dan senior-seniornya yang sudah memiliki pengalaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Timoer, Dwi Citracitra.timoer@gmail.comI73215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, AmalUNSPECIFIED197008021997021001
Subjects: Kesenian
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Timoer Dwi Citra
Date Deposited: 03 Sep 2019 08:43
Last Modified: 03 Sep 2019 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35581

Actions (login required)

View Item View Item