Analisis Dampak Kemitraan Bank Panin Syariah cabang Surabaya dengan BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) Rembang Jateng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khunaifih, Robbah (2018) Analisis Dampak Kemitraan Bank Panin Syariah cabang Surabaya dengan BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) Rembang Jateng. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robbah Khunaifih_F14214166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kendala umum problematika koperasi syari’ah dalam upaya pengembangan adanya keterbatasan kepemilikan modal, terutama untuk akses sumber pembiayaan. Adanya peraturan menteri negara koperasi dan usaha kecil dan menengah Republik Indonesia nomor : 03/Per/M.KUKM/III/2009 tentang pedoman umum linkage antara bank umum syariah dengan koperasi sangatlah penting sebagai landasan yuridis bagi keberlangsungan BMT (Baitul Mal Wa Al-Tamwil). Program linkage yang ditawarkan ada 3 jenis, meliputi; executing, chanelling maupun joint financing. BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) sebagai salah satu Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) yang berkantor pusat di Rembang Jateng melakukan program linkage ini dengan Bank Panin Syariah dalam beberapa tahun terakhir ini. Bank Panin Syariah sebagai bank yang menganut pola Shari’ah Banking turut merespon dan mendukung adanya program linkage ini guna pengembangan sektor UMKM kelas menengah ke bawah yang tidak terjangkau coverage area-nya, kecuali dilakukan oleh KSPPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan editing, organizing, dan analyzing. Jenis analisa data yang digunakan adalah analisa naratif dengan menggunakan tiga langkah analisa, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Adanya program linkage kemitraan antara Bank Panin Syariah dengan BMT BUS membawa dampak tersendiri terhadap kinerja masing-masing lembaga. Dampak tersebut tentunya bersifat positif, dengan beberapa indikator meningkat baik berupa rasio kecukupan modal, rasio peningkatan pembiayaan, rasio perolehan laba, dan turunnya rasio NPF. Disamping itu peningkatan aspek sosial melalui program ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh) yang digawangi oleh UPZ (Unit Pengumpul Zakat) BAZNAS juga menambah efek tersendiri terhadap pertumbuhan BMT BUS. Faktor-faktor pendukung maupun penghambat baik secara internal maupun eksternal menjadi kajian tersendiri. penguatan mentalitas dan profesionalisme staff menjadi problematika serius bagi eksistensi BMT BUS. Dari sisi eksternal stakeholder yang terlibat memiliki nilai tawar terhadap naik turunnya KSPPS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khunaifih, Robbahunef_2r@yahoo.comF14214166
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFatma, FatmaUNSPECIFIED197507032007012020
Subjects: Bank Islam
Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Linkage; BMT; Bank Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khunaifih Robbah
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:30
Last Modified: 12 Sep 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35575

Actions (login required)

View Item View Item