Pengaruh ekstra kurikuler Kajian Kitab Kuning (K3) terhadap karakter religius siswa Kelas 7 MTs. Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Malik, Moh. Abdul (2019) Pengaruh ekstra kurikuler Kajian Kitab Kuning (K3) terhadap karakter religius siswa Kelas 7 MTs. Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Abdul Malik_D71214046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekolah berbasis fullday school kini marak bermunculan. Begitu halnya sekolah berbasis pesantren, banyak sekali sekolah yang didirikan dengan basis kepesantrenan. Sekolah yang berbasis pesantren kerap kali menggunakan metode-metode dan juga kebiasaan-kebiasaan yang sama dengan dunia pesantren. Seperti penggunaan kitab kuning dalam pembelajaran atau kegiatan-kegiatan tambahan sekolah yang tercakup dalam kurikulum Ekstrakurikuler. Penggunaan kitab kuning ini tidak hanya selain untuk mengenalkan dunia pesantren tetapi juga mengenalkan bagaimana pembelajara nenek moyang terdahulu. Dalam skripsi ini ada 4 hal yang dibahas yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler kajian kitab kuning? (2) Bagaimana keadaan karakter religius siswa kelas 7 mts negeri 2 Sidoarjop? (3) Bagaimana pengaruh ekstrakurikuler kajian kitab kuning (K3) terhadap karakterreligius siswa kelaas MTs Negeri 2 Sidoarjo ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linear sederhana. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, setelah dianalisis hasil menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Ekstrakurikuler, terbukti dari angket hasil prosentasenya 51% (2) implementasi karakter religius siswa juga baik, terbukti dari hasil prosentasenya 42% (3) Terdapat pengaruh yang kurang antara ekstrakurikuler kajian kitab kuning dankarakter religius siswa kelas 7, terbukti dari hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan hasil korelasi dua variabel tersebut menunjukkan 0,688, bila diprosentasikan 68,8% yang tergolong hubungan yang baik. variabel muatan lokal dan kajian rutinan berpengaruh terhadap kemampuan siswa membaca kitab kuning sebanyak 68,8%, sisanya sebesar 31,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Faktor-faktor lain yang memungkinkan meningkatkan kemampuan siswa membaca kitab kuning adalah seperti strategi pembelajaran,motivasi belajar, faktor keluarga dan sarana prasarana pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Malik, Moh. Abdulabdulmalikkedaton@gmail.comD71214046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNawawi, Muhammadabuasimazz@yahoo.com195704151989031001
Thesis advisorMustofa, Muhammadmustofahuda57@gmail.com195702121986031004
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Malik Moh. Abdul
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:10
Last Modified: 09 Sep 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35554

Actions (login required)

View Item View Item