Analisis Hukum Islam terhadap Ikrar Sumpah Pemuda dan seperangkat alat sholat sebagai Mahar di Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juliansyah Sumarto, Mufti Eky (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Ikrar Sumpah Pemuda dan seperangkat alat sholat sebagai Mahar di Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufty Eky Juliansyah Sumarto_C91215069.1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap Ikrar Sumpah Pemuda dan Seperangkat Alat Sholat di Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana kasus ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat sebagai mahar, serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat sebagai mahar. Sumber data dalam penelitian lapangan ini yaitu pihak mempelai, keluarga laki-laki dan kepala KUA. Dalam mengumpulkan data wawancara sehingga yang diperoleh datanya berupa data tentang pengertian mahar berupa ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat, proses pemberiannya dan faktor adanya mahar berupa ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat. Analisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu bertujuan mendeskripsikan kasus yang ada pada mahar berupa ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat di Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta, serta menggunakan analisis hukum islam.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktek pemberian mahar yang berupa ikrar sumpah pemuda dan seperangkat alat sholat hukumnya mubah asal memenuhi syarat yang sesuai dengan hukum Islam dan untuk menjaga keutuhan dari mahar itu sendiri yaitu sebuah pemberian yang biasanya menggunakan harta maka ditambahkan dengan mahar seperangkat alat sholat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, di dalam pernikahan lebih baik cukup dengan mahar berupa harta, emas atau barang demi menjaga arti mahar yang sebenarnya yaitu pemberian yang pada umunya adalah harta serta menjaga kemaslahatan dan sama dengan umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juliansyah Sumarto, Mufti Ekykarinjaya1@gmail.comC91215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuwito, Suwitodigilib@uinsby.ac.id195405251985031001
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Nikah
Uncontrolled Keywords: Mahar; akad nikah; sumpah pemuda; ikrar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sumarto Mufti Eky Juliansyah
Date Deposited: 29 Aug 2019 01:56
Last Modified: 29 Aug 2019 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item View Item