Dewi Nur Hasanah, 2010 Pengaruh Teknik Akrostik terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Dewi Nur (2010) Dewi Nur Hasanah, 2010 Pengaruh Teknik Akrostik terhadap motivasi belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Al Quran Hadits di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nur Hasanah_D01206169.pdf

Download (4MB)

Abstract

Teknik akrostik adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk memudahkan siswa untuk mengingat sebuah materi yang ingin diingat dengan cara menggunakan huruf awal, tengah atau akhir dalam sebuah kalimat atau frase tertentu. Misalnya untuk. mengingat huruf-huruf Qoloqolah dalam pelajaran tajwid membaca alquran dengan membuat akrostik '1Jaju di toko" (Ba', Jim, Dal, Tho, Qof). Motivasi belajar siswa adalah merupakan kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Dalam skripsi ini yang berjudul "Pengaruh Teknik Akrostik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto" dengan menggunakan tiga rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan teknik akrostik pada mata pelajaran Al-Qur' an hadits kelas VII di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto itu? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits kelas VII di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto? 3. Adakah pengaruh teknik akrostik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits kelas VII di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto? Untuk memperoleh data penulis menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, interview tes dan angket. Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk menjawab rumusan ketiga penulis menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil dari penyajian data dan analisis data diperoleh bahwasannya pelaksanaan teknik akrostik pada mata pelajaran Al-qur'an hadits kelas VII di MTs Darul lnum Ngabar tergolong baik. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui prosentase angket yang diperoleh 76,85. Adapun motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur'an hadits kelas VII di MTs Darul Ulum Ngabar tergolong baik juga. Jadi kesimpulannya adalah ada pengaruh teknik akrostik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al­ qur'an hadits di MTs Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Dewi Nurdigilib@uinsby.ac.idD01206169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMahjudin, MahjudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Teknik Akrostik; motivasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:46
Last Modified: 27 Aug 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35534

Actions (login required)

View Item View Item