Analisis Hukum Islam terhadap Sistem Kerjasama Bidang Pertanian antara Kelompok Tani dan Dinas Pertanian di Desa Giring Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiyanti, Ayu Wulandari (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Sistem Kerjasama Bidang Pertanian antara Kelompok Tani dan Dinas Pertanian di Desa Giring Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ayu Wulandari Budiyanti_C92215090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitin lapangan yang dilakukan di Desa Giring Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Sistem Kerjasama Bidang Pertanian di Desa Giring Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep”. Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pelaksanaan sistem kerjasama di bidang pertanian yang diterapkan kelompok tani Desa Giring Kec. Manding Kab. Sumenep dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap sistem kerjasama di bidang pertanian yang diterapkan kelompok tani Desa Giring Kec. Manding Kab. Sumenep. Penulis dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk menganalisis secara hukum islam terkait sistem kerjasama bidang pertanian di Desa Giring Kec. Manding Kab. Sumenep. Penilitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu Pertama: Sistem kerjasama yang diterapkan anggota kelompok tani Desa Giring Kec. Manding Kab. Sumenep dengan pihak dinas pertanian menggunakan sistem yang melalui beberapa tahapan, yaitu tahapan penetapan tujuan sistem kerjasama, tahapan input yang berisi pembicaraan terkait dengan kesepakatan perjanjian atau akad kesepakatan kontrak kerjasama, tahapan proses pelaksanaan sistem kerjasama yang dimulai dari proses awal penyerahan bibit, pupuk, dan obat tanaman, kemudian dilanjutkan penggarapan lahan, penaman bibit, pemeliharaan sampai dengan panen tanaman. Tahapan output terkait dengan pembagian hasil panen tanaman sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati di awal. Serta tahapan feedback yang berisi evaluasi terkait sistem kerjasama yang telah dilakukan dan penyampain kritik serta saran dari setiap pihak yang terlibat. Kedua: Sistem Kerjasama bidang pertanian yang dilakukan Kelompok tani Desa Giring Kec. Manding Kab. Sumenep sama kali tidak bertentangan dengan hukum Islam ditinjau dari proses akad, permodalan, dan pembagian hasil. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan bagi masyarakat Desa Giring sebaiknya lebih memahami lebih banyak jenis sistem kerjasama bidang pertanian susuai dengan hukum Islam. Saran untuk pihak dinas pertanian sebaiknya lebih sering dan lebih giat lagi dalam mensosialisasikan dan membangun hubungan kerjasama dengan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiyanti, Ayu Wulandariayugaluhlibra10@gmail.comC92215090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHadi, AbdulUNSPECIFIED195511181981031003
Subjects: Hukum Islam
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Sistem Kerjasama; Pertanian; Kelompok Tani; Dinas Pertanian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Budiyanti Ayu Wulandari
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:21
Last Modified: 28 Aug 2019 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35531

Actions (login required)

View Item View Item