Efisiensi pendistribusian dana program Kotak Koin NU bagi masyarakat Dusun Belahan Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maudyah, Aizah (2019) Efisiensi pendistribusian dana program Kotak Koin NU bagi masyarakat Dusun Belahan Desa Wedoro Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aizah Maudyah_I73215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kotak koin adalah salah satu terobosan yang dilakukan oleh Nahdlotul Ulama (NU) dalam inovasi berinfaq bagi warga nahdliyin. Di mulai di Sragen dan menyebar sampai berbagai wilayah termasuk Desa Wedoro Belahan kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo kotak koin dinilai sukses dan mampu menjadi solusi dari beberapa masalah sosial yang ada di masyarakat karena pendistirbusian yang fleksibel dan dikembalikan kepada pengurus NU di wilayah masing-masing sesuai dengan kebutuhan yang ada di wilayah tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana program kotak koin yang telah disepakati oleh warga Wedoro Belahan ini berjalan, tetap eksis dan berkembang juga melihat program dan kegiatan serta bagaimana efektifnya alur pendistirbusian dana kotak koin NU di desa belahan ini. Sebagai bahan analisa penelitian ini mengguanakan teori Fungsionalisme StrukturalRobert King Merton dengan tiga potulat yaitu masyarakat sebagai kesatuan system, adanya fungsi manifest dan laten juga disfungsi yang lahir dalam masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa efisiensi dari pendistribusian dana kotak koin ini sangat dirasakan oleh warga sekitar selain membantu mereka meringankan dari beban iuran yang sering dilakukan oleh warga desa Wedoro Belahan juga program kotak koin ini melahirkan banyak sisi positif dengan adanya program dan kegiatan seperti bantuan biaya pendidikan anak yatim, membantu biaya kepengurusan jenazah dan sumbangan bagi keluarga yang ditinggalkan, menjadi penambahan pemasukan bagi setiap kas RT, mengadakan kegiatan-kegiatan sosial seperti pengajian dan bahkan berkat adanya kotak koin juga menjadi tambahnya pemasukan keuangan bagi warga sekitar karena petugas penarik uang juga mendapatkan bonus didalamnya. respon positif yang diberikan oleh warga sekitar membuat kotak koin ini terus berkembang baik dari segi kualitas juga kuantitasnya karena sinergi yang dibangun oleh warga yang berinfak dan pengurus kotak koin NU di Desa Wedoro Belahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maudyah, Aizahaizahmaudyah29@gmail.comI73215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, DwiUNSPECIFIED197212221999032004
Subjects: Amal Jariyah
Sosiologi
Nahdlatul Ulama
Keywords: Kotak Koin NU
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Maudyah Aizah
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:45
Last Modified: 22 Aug 2019 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35485

Actions (login required)

View Item View Item