Program Desa Migran Produktif (DESMIGRATIF) di Desa Payaman: Studi tentang pemberdayaan masyarakat di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Muhammad khulukul (2019) Program Desa Migran Produktif (DESMIGRATIF) di Desa Payaman: Studi tentang pemberdayaan masyarakat di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Khulukul Amin_E84212080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui program Desmigratif, faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menjalankan program Desmigratif, dan bagaimana keterlibatan masyarakat dalam mengoptimalkan program Desmigratif di Desa Payaman, sedangkan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program Desmigratif dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat di Desa Payaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang digambarkan dengan kata-kata tertulis dan lisan. Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan migrasi, menumbuhkembangkan usaha produktif, memfasilitasi pembentukan komunitas pengasuhan tumbuh kembang anak, memfasilitasi pembentukan dan pengembangan koprasi/lembaga keuangan. Dalam semua program yang sudah berjalan yang menjadi faktor pendukung dalam mengoptimalkan program diantaranya adalah: tingginya partisipasi masyarakat, banyaknya lembaga atau instansi yang terkait dengan program Desmigratif, tersedianya rumah produksi yang digunakan sebagai pusat informasi terkait program desmigratif. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yang terjadi dilapangan diantaranya: kurangnya dukungan dan pendampingan dari pemerintah desa, kurangnya tenaga pendamping, kurangnya sosialisasi sehingga banyak masyarakat yang belum mengerti tentang adanya program desmigratif di Desa Payaman. Hasil penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) Di Desa Payaman sudah terlihat, namun belum bisa berjalan secara optimal, karena program yang sudah ada dan yang sudah berjalan belum bisa mencakup seluruh masyarakat Desa Payaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Muhammad khulukulAmin.khuluq@gmail.comE84212080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFakhruddin, M. AnasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Pemberdayaan
Keywords: Desa Migran Produktif: DESMIGRATIF; Optimalisasi: Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Amin Muh Khulukul
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:21
Last Modified: 22 Aug 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item View Item