Implementasi semangat perantau membangun kampung halaman dalam tinjauan teori AGIL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agusti, Kamal Abduh Muhammad Hanan Agusti (2019) Implementasi semangat perantau membangun kampung halaman dalam tinjauan teori AGIL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamal Abduh Muhamad Hanan Agusti_I73215033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lamongan adalah salah satu kota yang terkenal dengan budaya merantau. Banyak kita jumpa hampir di seluruh penjuru Inodnesia terutama kota-kota besar yang menjadi destinasi diaspora bagi perantau asal Lamongan. Desa Manyar salah satu desa yang budaya merantau sangat lekat di dalamnya. bisa dibilang 50 % warga desa ini pergi merantau. Akan tetapi para perantau asala Desa Manyar tidak sedikitpun mengurangi kecintaan mereka terhadap kampung halaman dan masih menunjukkan kepedulian untuk ikut serta membangun kampung halaman para perantau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana semnagat perantau dalam membangun desa asalnya dengan berbagai kegiatan dan program yang sangat masifdan terorganisir dengan baik, selain itu bagaiamana sinergi yang dibangun oleh masyarakat mukim, perantau dan perangkat desa sebagai kesatuan komplek masyarakat yang ingin melihat Desa Manyar berkembang dan maju. Sebagai bahan analisa penelitian ini mengguanakan teori AGIL Talcott Person. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa para perantau yang berasal dari Desa Manyar yang tersebar di banyak kota se-Indonesia merupakan perantau yang masih memiliki kecintaan kepada kampong halamannya. Dengan banyaknya program dan kegiatan yang bertujuan membangun kampung halaman. Program-program sepertia membuat paguyuban di tempat mereka merantau sebagai wadah silaturahmi antar perantau dan menjadi pintu alur komunikasi dan koordinasi antar perantau juga kepada desa asal mereka. program lain seperti HIDAYAD (Himpunan Donatur Anak Yatim dan Dhuafa) yang bertujuan membantu keberadaan anak-anak yatim dan keluarga yang di nilai dhuafa oleh perantau untuk mendapatkan bantuan mereka juga menjadi sumber dana donator utama adanya Panti Asuhan Ihyaululum, dan menjadi alumni langgar bersejarah yang menjadikan cikal bakal sumber ilmu bagi warga desa Manyar dan ingin tetap melestarikannya adalah bentuk dari kecintan para perantau kepada kampung halaman mereka. tetap menjaga sinergi kepada Perangkat desa dan warga desa yang mukim menjadikan mereka para perantau semakin mudah dan massif dalam membangun kampung halaman mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agusti, Kamal Abduh Muhammad Hanan Agustikamalabduh5@gmail.comI73215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, DwiUNSPECIFIED197212221999032004
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Sosiologi
Keywords: Perantau; Desa Manyar; Membangun Kampung Halaman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Agusti Kamal Abduh Muhamad Hanan
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:16
Last Modified: 22 Aug 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35482

Actions (login required)

View Item View Item