Kiprah Komunitas Pelajar Mengajar pada Masyarakat Nelayan Sukolilo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Afan (2019) Kiprah Komunitas Pelajar Mengajar pada Masyarakat Nelayan Sukolilo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afan Kurniawan_B75212070.pdf

Download (10MB)

Abstract

Studi ini membahas tentang kiprah komunitas Pelajar Mengajar Surabaya. Komunitas Pelajar Mengajar merupakan sebuah gerakan sosial pengabdian masyarakat berbasis kepedulian pendidikan yang berbasis di Kampung Nelayan Sukolilo Surabaya. Ada tiga rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu mengenai kiprahnya selama ini, kendala yang dihadapi dan dampak yang telah diberikan kepada masyarakat Kampung Nelayan Sukolilo. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai kiprah Komunitas Pelajar Mengajar di Kampung Nelayan Sukolilo. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori Filsafat Pendidikan Paulo Freire dan Ivan Illich. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Komunitas Pelajar Mengajar hadir dengan mengusung misi besar membangun masyarakat ilmu. Komunitas Pelajar Mengajar adalah gerakan penyadaran di kalangan pelajar tentang pentingnya berbagi kepada sesama. Fokus dalam gerak komunitas ini adalah upaya pengentasan buta huruf di kalangan masyarakat di usia-usia sekolah. Bahwasannya masih banyak di luar sana anak-anak marjinal yang memiliki kekurangan dalam kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Komunitas Pelajar Mengajar adalah oase menyejukkan di tengah kerasnya kehidupan nelayan Sukolilo. Pendidikan yang dahulu senantiasa di nomor duakan, kini perlahan mulai menjadi hal yang beranjak di nomor satukan. Orangtua yang dahulu lebih mengarahkan anaknya yang masih sekolah untuk turut mencari sumber penghasilan lebih dan berorientasi materialistis, kini mulai memikirkan pendidikan sebagai bekal masa depan anaknya. Selama tiga tahun berkiprah di kampung nelayan Sukolilo, hingga kini sejatinya telah menorehkan tinta emas bagi masyarakat setempat secara umum dan memberikan makna yang berkesan bagi para relawan secara pribadi. Berbagai macam prestasi yang telah dicapai seharusnya menjadi cambuk tersendiri bagi para relawan untuk istiqomah memberikan yang terbaik. Kendala-kendala yang ada justru mengajarkan para relawan untuk memupuk mental pengajar yang semakin matang. Hal itu terbayar tuntas dengan dampak-dampak baik yang dirasakan oleh warga setempat ataupun anak-anak binaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Afanafankurniawan5@gmial.comB75212070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Komunitas; pendidikan; nelayan;
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Kurniawan Afan
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:58
Last Modified: 22 Aug 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35478

Actions (login required)

View Item View Item