Relevansi Nilai Dasar Pergerakan (NDP) Organisasi PMII dengan Antroposentrisme dalam al-Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muwahidah, Siti (2019) Relevansi Nilai Dasar Pergerakan (NDP) Organisasi PMII dengan Antroposentrisme dalam al-Quran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Muwahidah_ F52917024.pdf

Download (891kB)

Abstract

Teologi menurut Hasan Hanafi selain ada Teologi Teosentris ada juga Teologi Antroposentris yang modern ini masuk pada dunia kajian Islam. Antroposentris disini adalah anggapan bahwa manusia adalah yang paling utama dalam dunia, mengatur segalanya, berada pada tanggan manusia. Sedangkan manusia mempunyai beberapa hubungan-hubungan dimana kali ini merekam pada Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII. Maka kali ini Penulis ingin mencari relevansi antara Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII dengan Konsep Antroposentrisme yang menyatakan manusia adalah makhluk yang utama. Dalam Penelitian ini juga mengunakan rujukan al-Quran sebagai dasar hukum berpijak umat Islam.
Penelitian ini merupakan penelian korelatif dimana penulis berusaha memaparkan hubungan antara NDP PIMII dengan konsep antroposentrisme dalam al-Qur’an sehingga diperoleh rumusan masalah: (a) bagaimana nilai dasar NDP oraganisasi PMII?; (b) bagaimana konsep antroposentrisme dalam al-Qur’an?; (c) bagaimana relevansi NDP organisasi PMII dengan antroposentrisme dalam al-Qur’an? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library reseach) sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dan analisis isi, yaitu menganalisa konsep NDP organisasi PMII dan konsep antroposentris menurut al-Qur’an kemudian merumuskan relevansi keduanya Kesimpulan dari permasalahan ini yakni mengetahui relevansi antara NDP PMII dengan konsep Antroposentrisme yang sama-sama membahas Manusia, Jika Antroposentris beragapan manusia paling utama sedangkan dalam NDP PMII manusia mempunyai hubungan kepada Allah, Hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan Alam. Serta mengunakan Ayat-Ayat Al-Quran yang berhubungan dengan Antroposentis. Hasil dari permasalahan di atas bahwa ada relevansinya keempat butir NDP PMII yakni Tauhid, hubungan Allah dengan manusia, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam dan relevansinya dengan konsep antroposentrisme bahwa manusia selain pihak utama di bumi tetep saja manusia makhluk yang humanisme saling berhubungan dengan satu dengan yang lain. Dijelaskan pula dalam ayat-ayat al-Quran tentang ayat Antroposentrisme dan beberapa ayat lain tentang tauhid, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muwahidah, Sitimuwahidah46@gmail.comF52917024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadi-UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Al Qur'an
Keywords: Nilai Dasar Pergerakan; NDP; PMII
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muwahidah Siti
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:03
Last Modified: 23 Aug 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35477

Actions (login required)

View Item View Item