Pesan dakwah persuasif Ustadz Abdullah Gymnastiar di kanal Youtube : kajian Al-Hikam tentang cara terbaik menyikapi persoalan hidup

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaman, Toyiz (2019) Pesan dakwah persuasif Ustadz Abdullah Gymnastiar di kanal Youtube : kajian Al-Hikam tentang cara terbaik menyikapi persoalan hidup. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Toyiz Zaman_B71214024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada prinsipnya dakwah ialah mengajak ke jalan Tuhan dengan sifat dan sikap yang santun dan dengan cara yang hikmah. Apalagi konteksnya adalah pada masyarakat yang plural, pada titik inilah dakwah dituntut untuk menjadi cahaya atau pioner dalam mendeskontruksi budaya-budaya yang keras, urakan, dan menyimpang dari kebenaran. Oleh karenanya perlulah dakwah yang persuasif, memahami dan bukan mencaci, mengedepankan rasa dan psikologis mad’u, bukan kepentingan pribadi. Inilah yang diperankan Aa Gym dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya secara persuasif. Dia menekankan pada aspek kajian hati dalam kebanyakan ceramahnya, bahasa yang ringan, serta komunikatif adalah bagian dari kelebihan beliau dalam berdakwah, sehingga berbagai kalangan pun dapat dengan mudah menyimak setiap kajiannya.Selain dakwah dari mimbar ke mimbar, dari pesanteren ke pesantren akun youtube Aa Gym Official juga menjadi partnernya dalam berdakwah. Berkaitan dengan pembahasan diatas rumusan daripada konteks permasalahan yang ingin digali adalah : Apa Pesan Dakwah Persuasif Ustadz Abdullah Gymnastiar Di Kanal Youtube Tentang Cara Terbaik Menyikapi Persoalan Hidup? Pada penlitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian analisis wacana model Teun A. Van Dijk, berdasarkan struktur wacana dan elemen-elemen tertentu, pada bagian-bagian teks terkait. Sehingga peneliti mengamati dan memahami setiap unsur kalimat yang jadi pembahasan, atau materi. Adapun pesan dakwah persuasif Ustadz Abdullah Gymnastiar adalah menggiring hati mad’u/jamaah untuk menerima persoalan-persoalan takdir hidup, dengan pesan nasihat agar menyikapi setiap persoalan hidup ini dengan sabar, tidak mempersulit diri menghadapi situasi, berprasangka baik akan setiap ketentuan dan ridho akan segala kejadian. Dibarengi dengan sikap penyampaian yang santun dan kalem dalam pembawaannya. Penulis menyadari bahwa karya ini hanya menggali secuil daripada penelitian yang berkaitan dengan sosok Aa Gym melalui sisi pesan dakwah persuasif dengan pendekatan analisis wacana. Maka seyogyanya penulis merekomendasikan, untuk selanjutnya, karya ini agar dapat dijadikan acuan oleh peneliti lain dalam meneliti dakwah Aa Gym dari berbagai aspek dalam rangka menyempurnakan penelitian ini, maupun melanjutkan yang sudah ada dengan pendekatan analisis yang berbeda. Sehingga dirasa lebih bisa mendatangkan manfaat bagi peneliti maupun bagi kalangan pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaman, Toyizz.toys99@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSattar, AbdullahUNSPECIFIED196512171997031002
Subjects: Dakwah
Manajemen Komunikasi
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Abdullah Gymnastiar; Al-Hikam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zaman Toyiz
Date Deposited: 22 Aug 2019 03:30
Last Modified: 22 Aug 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35475

Actions (login required)

View Item View Item