Humor Mualaf Teknik Retorika Dakwah Ustadz Bangun Samudra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Syafiq Yusab (2019) Humor Mualaf Teknik Retorika Dakwah Ustadz Bangun Samudra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syafiq Yusab Ibrahim_B01215042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana humor mualaf digunakan sebagai teknik retorika dakwah Ustadz Bangun Samudra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mereduksi data yaitu memilah beberapa data yang akan bisa menjawab pertanyaan penelitian. Selajutnya mendeskripsikan secara lengkap data tersebut dan mengklasifikasikan data yang bisa menjawab persoalan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teori perbandingan tetap yaitu membandingkan data hasil temuan dengan teori yang sedang berlaku. Dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan (Field Riserch) dan ikut terlibat dalam pengajian Ustadz Bangun Samudra. Selama proses penelitian, peneliti menemukan humor yang sering digunakan Ustadz Bangun Samudra dalam retorika dakwahnya yaitu Humor Mualaf yang merupakan humor terkait sisi empiris ketika ia melakukan konversi agama dari Nasrani menjadi Islam. Adapun dalam penelitian ini fokus pada tiga penggunaan bentuk humor yaitu: Sindirian (alusio), Perbandingan (comparison), dan Before/After. Setiap bentuk humor ada kaitannya dengan Humor Mualaf yang hasilnya menjadikan mad’u dapat dengan mudah menerima pesan dakwah dan menambah wawasan mereka mengenai humor dalam dakwah serta pemahaman tentang Mualaf. Dakwah tidak harus selalu disampaikan secara serius namun dapat dikemas dengan lebih santai dan lucu asalkan tidak keluar dari nilai aqidah, syariah, dan akhlak. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan untuk menganalisis sisi-sisi yang lain dari seorang Ustadz Bangun Samudra untuk penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Syafiq Yusabsyafiqibrahim198@gmail.comB01215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id197308212005011004
Subjects: Dakwah
Retorika
Humor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ibrahim Syafiq Yusab
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:22
Last Modified: 22 Aug 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35459

Actions (login required)

View Item View Item