Interaksi Sosial Mahasiswa Bercadar di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menurut Perspektif George Herbert Mead

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzakki, Ahmad Muamar (2019) Interaksi Sosial Mahasiswa Bercadar di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menurut Perspektif George Herbert Mead. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muamar Muzakki_I73215022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di lingkunganUniversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa apa yang melatarbelakangi penggunaan cadar dikalangan mahasiswi dan bagaimana pola interaksi social mahasiswi bercadar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Topic focus penelitian ini adalah interaksi mahasiswi bercadar di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, yang mana masih banyak dari kalangan mahasiswa yang masih memandang negative terhadap mahasiswi bercadar. selain interaksi mahasiswi bercadar juga focus factor apa saja yang mempengaruhi mahasiswi dalam penggunaan cadar. Penulis menggunakan metode kualitatif deskriftif dan teknik analisa data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penggunaan cadar dikalangan mahasiswi bercadar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yaitu dorongan dari orang tua yang selalu memberikan dukungan terhadap mahasiswi bercadar, pemahaman agama tentang dianjurkannya menutup aurat secara syar’I dan atas kemauan dari individu sendiri untuk menjadi pribadi muslimah yang lebih baik lagi. Interaksi mahasiswi bercadar dengan lingkungan saat ini banyak stigma negative yang melekat pada diri mereka, penulis menemukan adanya interaksi yang dilakukan mahasiswi bercadar berbeda, ada dosen yang tidak berkenan kalau dalam kegiatan mengajar di kelasnya ada mahasiswi yang menggunakan cadar, dengan alasan karena kawatir kalau mahasiswi yang bercadar adalah orang lain. Banyak dari teman-teman mahasiswi bercadar yang tidak mengenali siapa orang yang ada dibalik cadar, namun interaksi yang dilakukan antara mahasiswi bercadar dengan teman lainnya berjalan baik-baik saja, sepertihalnya berinteraksi pada umunya.Namun ada beberapa mahasiswa yang kesulitan dalam berinteraksi dengan mahasiswi bercadar, karena suaranya yang pelan serta tidak mengenali wajahnya ketika berada dari jarak jauh. Dan mahasiswi bercadar juga membatasi diri dan mengatur jarak dengan teman laki-laki jarang mahasiswi berinteraksi dengan mahasiswa laki-laki selain ada keperluan yang sangat penting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzakki, Ahmad Muamarmuamar461@gmail.comI73215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yuliatin UmdatulUNSPECIFIED197607182008012022
Subjects: Sosiologi
Keywords: interaksi; mahasiswi; bercadar; UINSA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muzakki Ahmad Muamar
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:58
Last Modified: 11 Sep 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item