Pendampingan Masyarakat Terdampak Lumpur Lapindo dalam Menghadapi Bencana Banjir Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Muhammad Ismisyahriffi Edrial (2019) Pendampingan Masyarakat Terdampak Lumpur Lapindo dalam Menghadapi Bencana Banjir Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ismisyahriffi Edrial Zain_B72214036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang permasalahan banjir di Desa Gempolsari yang menjadi masalah baru setela bencana lumpur dan kurangnya kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat Desa Gempolsari untuk dapat tangguh menghadapi bencana banjir. Kesiapsiagaan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi risiko dampak dan kerugian akibat bencana. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relavan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengamalan mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Tahapan dalam penelitian ini diantaranya pemetaan awal, inkulturasi, penentuan agenda riset, pemetaan partisipatif, perumusan masalah, penyusunan strategi, pengorganisasian masyarakat, refleksi dan peluasan dukungan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Participatory Rural Appraisal (PRA) menggunakan wawancara semi tersturktur, FGD, mapping, dan transect. Penelitian dan pendampingan ini menghasilkan reformasi Kelompok Tangguh Bencana di Desa Gempolsari, sosialisasi kebencanaan, pendidikan kebencanaan, penempelan poster, dan petunjuk jalur evakuasi. Kegiatan sosialisasi kebencanaan dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat, sedangkan kegiatan pendidikan kebencanaan dan penempelan poster maupun petunjuk jalur evakuasi dilakukan untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat. Perubahan yang dicapai setelah adanya penelitian dan pendampingan ini adalah masyarakat menjadi lebih sadar bahwa bencana datang karena kelalaian mereka sendiri dalam menjaga lingkungan, masalah kebencanaan merupakan tanggung jawab bersama-sama, dan masyarakat pun sadar akan pentingnya pengurangan resiko bencana. Selain itu, masyarakat menjadi lebih mandiri dalam mengatasi masalah kebencanaan dan terbentuk kelompok tangguh bencana yang memiliki program berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Muhammad Ismisyahriffi Edrialismisyahriffi@gmail.comB72214036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHaris, Achmad MurtafiUNSPECIFIED19700304200711056
Subjects: Bencana alam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zain Muhammad IsmisyahRiffi Edrial
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:32
Last Modified: 20 Aug 2019 04:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35390

Actions (login required)

View Item View Item