Gaya hidup komunitas ISU (Ikilho Scooterist UIN Sunan Ampel Surabaya) sebagai counter culture modernitas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Fitriyah (2019) Gaya hidup komunitas ISU (Ikilho Scooterist UIN Sunan Ampel Surabaya) sebagai counter culture modernitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyah Auliya_I73215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang gaya hidup dari komunitas vespa yang berada di lingkup kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, kemudian bagaimana anak komunitas vespa memaknai arti sebuah kebebasan dalam berekpresi, kemudian bagaimana komunitas vespa memaknai solidaritas yang terjalin erat, dan bagaimana anak vespa menanggapi sebuah pandangan negatif dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode jenis pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yang didapat melalui beberapa proses, kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dari sesuatu yang telah diamati. Jadi dengan menggunakan penelitian kualitatif, dapat memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara/observasi kepada informan, sehingga hasil penelitian lebih bisa dideskripsikan secara mendalam tentang hal-hal yang diteliti. Dalam metode penelitian kualitatif deskriptif ini sendiri bisa berupa foto, hasil wawancara, data yang diperoleh dari informan, dan juga gambar maupun dokomentasi lainya, dan kemudian setelah semua dikira sudah cukup untuk memenuhi apa yang dibutuhkan maka dilakukan pencatatan atau mulai melakukan penulisan yang sesuai dengan fenomena yang terjadi. Dalam melihat fenomena ini peneliti menggunakan teori Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead. Dalam hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti mengenai gaya hidup para komunitas vespa ISU (Ikilho Scooterist UIN Sunan Ampel Surabaya) menemukan beberapa hal yang dimana gaya hidup komunitas vespa ini lebih berorientasi pada sebuah kebebasan, kebebasan yang ditampilkan oleh komunitas vespa ISU ini melalui sebuah penampilan yang terlihat nyata dari luar, seperti cara berpakaian komunitas ISU yang apa adanya, kemudian model gaya rambut dari sebagian anak vespa yang gondrong dan gimbal, dan kemudian aksesoris yang yang digunakan oleh komunitas ISU yang terbilang tidak biasa, mereka sering menggunakan aksesoris berupa ornamen yang ditempel pada vespa sebagai kendaraanya, dan terkadang menggunakan aksesoris lain pada tubuhnya. Solidaritas anak komunitas vespa ISU(Ikilho Scooterist UIN Sunan Ampel Surabaya) tidak lagi diragukan, solidaritas yang terjalin dalam komunitas ini sangatlah erat, hal ini bisa dilihat ketika salah satu dari mereka mengalami sebuah kesusahan, mereka para pecinta vespa yang lain akan saling berbondong-bondong bahu-membahu membantu. Pandangan negatif yang sering diterima oleh anak komunitas vespa ini dianggap oleh mereka adalah sesuatu hal yang wajar, dan mereka tidak pernah mempermasalahkan pendapat orang lain mengenai komunitas vespa, karna masyarakat hanya menilai dan memandang semua dari tampilan luar, mereka tidak tau bahwa anak vespa memiliki cara tersendiri dalam memaknai sebuah seni dan arti dari sebuah kebebasan dalam berekspresi. Mereka komunitas vespa hanya ingin dihargai dan ingin diterima ketika mereka berada di ditengah-tengah masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Fitriyahauldoraemon10@gmail.comI73215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com197801202006041003
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup; Komunitas.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Auliya Fitriyah
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:01
Last Modified: 20 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35373

Actions (login required)

View Item View Item