Scaffolding Dalam Program Literasi Emergen Di TK RW XIII Kertajaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Talumma (2019) Scaffolding Dalam Program Literasi Emergen Di TK RW XIII Kertajaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Talumma Izza_J01215037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Literasi emergen adalah salah satu capaian perkembangan yang diperlukan dalam pendidikan anak usia dini sebagai upaya persiapan menuju ke jenjang pendidikan selanjutnya. Strategi scaffolding adalah sebuah proses belajar yang melibatkan pemberian bantuan dari pendidik atau teman yang lebih dahulu mengerti untuk memahami suatu pengetahuan atau keterampilan yang tidak dapat dimiliki tanpa adanya bimbingan atau bantuan dari orang yang lebih tahu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk, faktor dan hasil program pembelajaran literasi emergen dengan strategi scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden utama dalam penelitian ini berjumlah 2 guru di TK RW XIII Kertajaya yang memiliki pengalaman mengajar dalam program literasi emergen, serta 5 responden pedukung atau significant other. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dan member chacker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk scaffolding yang diberikan oleh guru kepada siswa adalah memberikan instruksi petunjuk, kata kunci, pernyataan dan pertanyaan, mengeja huruf dan kosa kata serta membantu merangkai kalimat menjadi cerita. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran diantaranya kemauan anak dalam mencapai suatu kompetensi atau kemampuan baru, kemampuan guru dalam berinteraksi dengan anak, adanya alat pendukung pembelajaran yang disukai anak, metode pembelajaran yang kreatif dan variatif sehingga anak tidak bosan, dan kejenuhan belajar yang terjadi pada anak saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Dan scaffolding akan dihentikan ketika anak dapat mencapai suatu kompetensi atau kemampuan dengan kemajuan kemandirian yang dimiliki dalam menyelesaikan tugasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Talummatalummaizza@gmail.comJ01215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhotimah, KhorriyatulUNSPECIFIED197711162008012018
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Psikologi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Scaffolding: Literasi Emergen
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Izza Talumma
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:05
Last Modified: 19 Aug 2019 02:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35340

Actions (login required)

View Item View Item