Transformasi sosial kehidupan Nelayan melalui wisata pantai Sine di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Eva Septiani Nurul (2019) Transformasi sosial kehidupan Nelayan melalui wisata pantai Sine di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Septiani Nurul Khotimah_I73215029.pdf

Download (967kB)

Abstract

Berdasarkan temuan yang dilakukan peneliti, Peneleti menganggap penelitian ini penting untuk dikaji karena pada kenyataan dilapangan perubahan yang terjadi di Dusun Sine sudah terlihat sangat jelas dan tentunya mengalami perubahan yang lebih baik. Dan juga peneliti ingin melihat apa saja perubahan yang terjadi di Dusun Sini. Adanya perkembangan pada wisata Pantai Sine menyebabkan banyak perubahan pada kehidupan masyarakat Dusun Sine, perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan pada lingkungan sehingga menyebabkan keseluruhan yang mencakup perubahan sosial juga mengalami perubahan. Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu; (1) Bagaimana bentuk transformasi sosial nelayan melalui wisata Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana hasil transformasi sosial masyarakat bagi kehidupan mereka di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui bentuk transformasi sosial nelayan melalui wisata Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui Bagaimana hasil transformasi sosial masyarakat bagi kehidupan di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif, metode ini dipilih agar data penelitian yanag bersifat mendalam dan menyeluruh memgenai bentuk Transformasi Sosial Kehidupan Nelayan di Desa Kalibatur Melalui Wisata Pantai Sine. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Herbert Spencer yaitu Menuju Masyarakat Heterogen. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa: (1) bentuk-bentuk Transformasi Sosial kehidupan Nelayan yaitu dengan banyaknya perubahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, perubahan dalam aspek sosial ekonomi, pendidikan, keagamaan, serta gaya hidup. Bentuk terjadinya transformasi sebelum dan sesudah adanya wisata pantai Sine ialah dengan di bentuknya Pokdarwis (kelompok sadar wisata , perbaikan jalan yang dilakukan masyarakat dan pemerintah, pembuatan Gazebo dipesisir pantai (2) Hasil Tranformasi sosial masyarakat yaitu banyaknya lapangan pekerjaan yang dihasilkan dari bentuk perubahan wisata dan perubahan kehidupan masyarakat yang pada awalnya adalah masyarakat yang berada dikalangan bawah kemudian menjadi masyarakat yang menegah. Hal ini ini di karenakan adanya perubahan pantai menjadi wisata yang banyak di kunjungi oleh masyarakat luas sehingga perubahan tersebut memberikan dampak baik kepada masyarakat dusun Sine.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Eva Septiani Nurulevaseptianinurulkhotimah8@gmail.comI73215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, AbidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Transformasi Sosial; Traf Hidup; Nelayan Wisata Pantai
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khotimah Eva Septiani Nurul
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:09
Last Modified: 20 Aug 2019 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35335

Actions (login required)

View Item View Item