Studi Kualitatif Manajemen Berita Dakwah pada Media Klikmu.co

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Aghnina (2019) Studi Kualitatif Manajemen Berita Dakwah pada Media Klikmu.co. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aghnina Maghfiroh_B01215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Trend perilaku masyarakat digital yang cepat tumbuh merupakan peluang untuk memenuhi kebutuhan ummat dalam informasi di dunia maya. Peluang dakwah yang menyertai didalamnya menjadi salah satu aspek yang penting sebagai daya dukung misi dakwah yang di emban klikmu.co. jika dikaitkan dengan kondisi masyarakat saat ini, mulai mengikuti budaya barat dan produksi berita dan berbagai media baik cetak maupun online dengan berbagai macam ideologi yang berbeda, maka persaingan pemberitaan di media online semakin panas, sedangkan peringkat dari sebuah media dilihat dari produksi informasinya. Melihat sudut pandang tersebut maka sebuah media online memerlukan strategi/manajemen berita untuk mempertahankan peringkatnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana manajemen berita dalam portal media online Klikmu.co. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis analisis wawancara model Miles and Huberman yang menggunakan perspektif subjek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data dan interpretasi teoretik, diperoleh kesimpulan bahwa berita online Klikmu.co belum memiliki manajemen berita yang baik, dimana manajemen berita belum terstruktur berdasarkan keperluan berita. Koordinasi antar struktural hanya dilakukan via media sosial, bukan atas pertemuan rutin dan terjadwal sedemikian rupa. Manajemen berita yang ada pada media online Klikmu.co perlu memperbaiki perencanaan yang ada didalamnya, agar manajemen berita dapat terbentuk dengan baik juga memiliki patokan yang dapat dipegang oleh setiap individu yang berada didalam struktural kepemimpinan Klikmu.co.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Aghninaaghnina27maghfiroh@gmail.comB01215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id197308212005011004
Subjects: Manajemen Informasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maghfiroh Aghnina
Date Deposited: 21 Aug 2019 08:38
Last Modified: 21 Aug 2019 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35334

Actions (login required)

View Item View Item