Analisis Buku Teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Taufik (2019) Analisis Buku Teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
TAUFIK HIDAYAT_F52317380.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Keagamaan disiapkan oleh pemerintah sebagai prototipe madrasah yang berorientasi pada pengembangan keunggulan kompetitif di bidang keahlian kajian keagamaan (tafaqquh fi al-di>n). Berpijak dari tujuan tafaqquh fi al-di>n, maka selayaknya muatan kajian keilmuan keagamaan pada madrasah kegamaan harus lebih mendalam. Buku teks yang digunakan juga harus lebih dalam mengupas materi dari pada buku teks madrasah lainnya. Namun dalam realitanya, buku Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu Keagamaan yang disusun oleh kementerian Agama, dirasa kurang efektif dalam mendukung tujuan tafaqquh fi al-di>n tersebut karena hadis-hadis yang terdapat di dalamnya tidak memuat unsur hadis yang lengkap mulai dari sanad, matan dan mukharrijnya, bahkan kualitas hadisnya pun tidak diketahui. Problematika yang diangkat dalam penelitian ini adalah; bagaimana kualitas hadi>th dan bagaimana pemahaman hadi>th pada buku teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu Keagamaan?. Penelitian ini bertujuan untuk; menganalisis kualitas hadi>th dan pemahaman hadi>th pada buku teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu Keagamaan.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau dokumen. Dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah buku teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian hadis simultan. Sedangkan dalam fiqh al-h}adi>th menggunakan pendekatan fiqh al-h}adi>th al-mawd}u>’i (hadis tematik). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku teks Hadis Ilmu Hadis Kurikulum 2013 Kelas XII Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu Keagamaan. Sedangkan sumber data sekundernya berupa kitab-kitab mutun, mus}t}alah dan fiqh al-h}adi>th serta kitab lain yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Pertama, analisis kualitas hadis mendapatkan kesimpulan h}asan li ghayrih, s}ah}i>h} li dha>tih, s}ah}i>h} li ghayrih, s}ah}i>h} li dha>tih dan h}asan li ghayrih. Kedua, analisis pemahaman hadis mendapatkan kesimpulan bahwa hadis yang menjadi pokok pembelajaran, pemahamannya sudah sesuai dengan tema masing-masing kecuali satu hadis tentang pola hidup sederhana yang dirasa sedikit kurang sesuai dengan tema.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Taufiktaufikhidayatkarim@gmail.comF52317380
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED195304101988031001
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Hadis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayat Taufiq
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:48
Last Modified: 16 Aug 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35309

Actions (login required)

View Item View Item