العواطف في رواية "ماجدولين" لمصطفى لطفي المنفلوطى: دراسة سيكولوجية أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah S., Nabilla Noor (2019) العواطف في رواية "ماجدولين" لمصطفى لطفي المنفلوطى: دراسة سيكولوجية أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilla Noor Aisah Suparpto_A91215120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Emosi dalam novel “Magdalena” karya Mustafa Lutfi al-Manfaluti (Psikologi Sastra)
Sastra adalah suatu kegiatan kreatif berupa karya seni. Sebuah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif salah satunya adalah emosi dalam kajian psikologi sastra. Emosi adalah pembahasan yang berhubungan dengan perasaan, dimana perasaan merupakan suatu keadaan atau peristiwa dimana kejiwaan mengalami cinta, kasih, bahagia, sedih, cemas dan takut. Perasaan adalah fungsi jiwa untuk mempertimbangkan dan mengukur sesuatu menurut rasa senang dan tidak senang. Dan dalam penelitian ini menguraikan tentang emosi dalam tokoh novel Magdalena. Yakni mengkaji emosi yang digambarkan dalam tokoh, emosi psikologi tokoh novel Magdalena. Masalah yang dikaji oleh penelitian skripsi ini adalah: emosi apa yang terdapat dalam novel Magdalena dan macam emosi yang terdapat didalamnya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang datanya bersumber dari pustaka (library research) dengan prosedur pemecahan masalah yang mengumpulkan data dan menganalisanya. Pembahasan skripsi ini mengarah pada kajian teori, emosi dalam psikologi tokoh dalam novel Magdalena. Dilanjut dengan mengumpulkan data untuk analisis isi yang terdapat dalam novel. Berdasarkan hasil penelitian terdapat data terkait dengan emosi dalam novel Magdalena karya Mustafa Lutfi al-Manfaluti. Yakni Emosi kepribadian (syakhsiyah) dan kepedihan (alamiyah). Pada emosi kepribadian (syakhsiyah) terdapat 16 data, yaitu: bahagia, rasa syukur, perjuangan, penyemangat, pujian, simpati, kerinduan, cemburu dan cinta. Sedangkan untuk emosi kepedihan (alamiyah) terdapat 16 data, yaitu: sedih, takut, ketidak adilan, kecemasan, kecewa dan keluhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah S., Nabilla Noornabillanoor8@gmail.comA91215120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRomdhon, Muhammad AtiqUNSPECIFIED19671221995031001
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aisah S Nabilla Noor
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:20
Last Modified: 16 Aug 2019 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35294

Actions (login required)

View Item View Item