Pendidikan Pondok Pesantren berbasis Agrobisnis dan Agroindustri: Studi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri, Waru, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imron, Muhammad (2019) Pendidikan Pondok Pesantren berbasis Agrobisnis dan Agroindustri: Studi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri, Waru, Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Imron_F02315073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Agroindustri. Pengangguran merupakan salah satu masalah sosial yang dihadapi hampir oleh setiap Negara terutama Negara-negara berkembang. Pengangguran disebabkan karena banyaknya tenaga kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Dengan adanya pendidikan keterampilan, diharapkan menjadikan solusi dari masalah pengangguran. Pondok pesantren sekarang ini mengalami perkembangan yang luar biasa, khususnya berkaitan dengan dunia pekerjaan yang begerak di kewirausahaan bidang Agrobisnis dan Agroindustri. Penulis merumuskan masalah penelitian ada tiga, yaitu : bagaimana porses pendidikan pondok pesantren berbasis agrobisnis dan agroindustri Mukmin Mandiri, bagaimana model pendidikan pondok pesantren berbasis agrobisnis dan agroindustri di pondok pesantren Mukmin Mandiri dan bagaimana internalisasi nilai – nilai agrobisnis dan agroindustri di pondok pesantren Mukmin Mandiri Waru, Sidoarjo. Sementara, untuk metode penelitian, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk diskriptif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi sebagai bahan utama yang relevan dan objektif dalam penelitian ini adalah : Observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, maka selanjutnya data tersebut diolah dan disajikan dengan menggunakan suatu metode analisis deskriptif berusaha memaparkan secara detail tentang hasil penelitian sesuai dengan data. Dari deskripsi pada beberapa bab sebelumnya, maka penulis menyimpulkan tesis ini bahwa corak tersendiri pendidikan pesantren Mukmin Mandiri dapat dilihat dari struktur pengajaran yang diberikan, dari sistematika pengajaran, dijumpai pelajaran yang berulang dari tingkat ke tingkat. Pesantren Mukmin Mandiri melakukan sejumlah akomodasi yang dianggap tidak hanya akan mendukung kontinuitas pesantren, tetapi juga bermanfaat bagi santri. Pendidikan bidang agrobisnis di pesantren Mukmin Mandiri mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani yang saling terkait satu sama lain yang diinternalisasikan melalui proses pendidikan. Model pendidikan berbasis agrobisnis dan agroindustri di pondok pesantren Mukmin Mandiri adalah model pendidikan integratif; sebuah model pendidikan yang mengintegrasikan materi kewirausahaan di dalam seluruh mata pelajaran, buku ajar, ekstrakurikuler dan kultur pesantren. Setelah itu, kegiatan praktik secara simultan dilakukan berdasarkan materi yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imron, Muhammadmuhammadimron05@gmail.comF02315073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@gmail.com197011182001121002
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Industri Kecil
Izin Usaha
Pendidikan > Pesantren
Koperasi
Keywords: Pendidikan Pesantren; Kewirausahaan; Agrobisnis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Muhammad
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:08
Last Modified: 22 Aug 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35286

Actions (login required)

View Item View Item