Makna khataman al-Qur'an via WhatsApp bagi komunitas tentara langit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiman, Sugiman (2019) Makna khataman al-Qur'an via WhatsApp bagi komunitas tentara langit. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sugiman_F02716168.pdf

Download (6MB)

Abstract

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi dunia virtual yang sering digunakan untuk berkomunikasi baik scara kolektif maupun kumulatif, aplikasi ini pada umumnya digunakan untuk chating seputar kegiatan manusia, namun oleh komunitas tentara langit aplikasi tersebut digunakan untuk media khataman al-Quran, sehingga dalam penelitian ini dirumuskan, Bagaimana proses terbentuknya grup Khataman Al-Quran dan makna khataman Al-Quran via WhatsApp bagi komuniats tentara langit.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetehui bagaimana proses terbentuknya grup Khataman Al-Quran dan makna khataman Al-Quran via WhatsApp bagi komuniats tentara langit. Penelitian ini termasuk dalam penelitian fenomenologi yaitu penelitian yang menitik beratkan pada suatu kejadian dimasyarakat. Sifat dari penelitian ini adalah deskritif kualitataif melaui narasi yang menggambarkan sebuah fenomena.Scara garis beras hasil penelitian ini adalah bahwa aplikasi WhatsApp dapat digunakan Sebagai Media Khataman al-Quran dengan cara membuat grup WhatsApp dan merekrut anggota kemudian dilakukan pembagian bacaan sesuai dengan list khataman yang di share pada grup komunitas tentara langit. Kegiatan ini sangat bermakna bagi komunitas tentara langit yaitu dakwah Praktis Melalui Gadget, Terbentuknya Habit Ibadah Melalui Dunia Maya, serta Mendobrak Tradisi lama semaan Al-Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiman, Sugimansugiman.alex76@gmail.comF02716168
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSalisah, Nikmah hadiatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sugiman Sugiman
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:39
Last Modified: 16 Aug 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35278

Actions (login required)

View Item View Item