gender dan produktivitas kerja (peran ganda perempuan yang bekerja di home industry di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Tanti Indah (1997) gender dan produktivitas kerja (peran ganda perempuan yang bekerja di home industry di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tanti Indah Lestari_I73215047.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam laporan penelitian ini, peneliti mengkaji tentang peran ganda perempuan yang bekerja di home industri. Mengandung dua rumasan masalah yaitu (1) Apa faktor yang melatarbelakangi para perempuan bekerja di home industry? (2) Bagaimana hubungan gender dan produktivitas kerja di home industry? Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan tiga tehknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Melakukan analisis penelitian dengan dua teori untuk mengkaji lebih detail dan mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Pertama, teori analisis gender oleh Caroline Mosser. Teori ini digunakan untuk menganalisis tentang peran perempuan yang memiliki tugas dan tanggung jawab di dua konteks yakni pekerjaan rumah tangga dan bekerja mencari nafkah. Kedua, teori tindakan sosial oleh Max Weber. Teori ini digunakan untuk mengkaji tindakan perempuan karena bekerja di home industry (industri rumahan), serta hubungan gender dan pembagian kerja dalam kaitannya dengan peningkatan produktivitas di home industry. Mengetahui kinerja dan produktivitas para perempuan sebagai pemilik peran ganda yang bekerja di home industry (industri rumahan). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa perempuan bekerja sebagai pencari nafkah tambahan dimana hal ini sesuai dengan tipe tindakan rasional instrumental oleh Max Weber. Membantu meringankan beban suami sebagai pencari nafkah utama atau tulang punggung keluarga dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Bekerja di home industry dengan alasan pendapatan keluarga yang masih minim dan tidak mampu memenuhi kebutuhan anggota keluarganya tertuma dalam aspek pendidikan dan lain-lain. Peran perempuan dalam analisis Mosser tidak hanya memiliki dua peran tetapi tiga peran atau triple role. Sebagaimana, peran ganda adalah peran di ranah domestik dan ranah publik, sedangkan triple role adalah peran produksi, peran reproduksi, dan peran sosial

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Tanti Indahtantikardi@gmail.comI73215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorIfa Yulianti, Umdatul IzzahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Gender, Produktivitas Kerja, Peran Ganda, Home Industry
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Lestari Tanti Indah
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:28
Last Modified: 19 Aug 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35277

Actions (login required)

View Item View Item