PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Wakhidatul (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELILING KELOMPOK PADA SISWA KELAS V MI ROUDLOTUL ULUM CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menjelaskan materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA yang disebabkan karena peserta didik kesulitan mengkomunikasikan materi berdasarkan pemahaman yang mereka miliki, rendahnya partisipasi aktif peserta didik mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran peserta didik berada di pihak yang pasif (lebih banyak mendengarkan penjelasan guru) dan sebaliknya guru berada di pihak yang aktif. Serta kurangnya variasi proses pembelajaran yang dilakukan guru. Untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan peserta didik tersebut, peneliti mengambil tindakan melalui teknik pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok yang dilakukan dengan dua siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan teknik pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok materi pesawat sederhana pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menjelaskan materi pesawat sederhana melalui teknik pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix method. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan fotografi. Data
ix
kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Penerapan teknik pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok pada materi pesawat sederhana berjalan dengan baik melalui perbaikan perbaikan pada tiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran pada siklus I tergolong kategori cukup dan pada siklus II tergolong kategori baik. Begitu juga dengan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran pada siklus I tergolong kategori cukup dan meningkat pada siklus II tergolong kategori sangat baik. Kemampuan menjelaskan peserta didik mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal itu dibuktikan dengan nilai rata – rata kelas yang diperoleh peserta didik pada pelaksanaan dari siklus I mendapatkan 63,35 meningkat pada siklus II menjadi 81,31. Sedangkan prosentase ketuntasan kemampuan menjelaskan peserta didik juga meningkat pada siklus I yaitu 35,71%, menjadi 89,28% pada siklus II. Secara keseluruhan kemampuan menjelaskan peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evy Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, WakhidatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menjelaskan; Pembelajaran Kooperatif tipe keliling kelompok;Pesawat Sederhana; Pelajaran IPA.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 02:50
Last Modified: 19 Jan 2016 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item