Strategi pembentukan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus (studi kasus di SD inklusi yamastho dan SDN kalirungkut I/264 surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Manshur, M. (2019) Strategi pembentukan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus (studi kasus di SD inklusi yamastho dan SDN kalirungkut I/264 surabaya). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Manshur_F12317301.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang strategi pembentukan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus di SD Inklusi Yamastho dan SDN Kalirungkut I/264 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi yang diterapkan dalam membentuk sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus, menjelaskan faktor penghambatnya dan menggambarkan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus setelah diterapkannya strategi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitan jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada sekolah. Metode pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang dilakukan sekolah untuk membentuk sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus adalah strategi pembelajaran afektif dengan beberapa metode seperti kegiatan pembiasaan yang meliputi doa bersama sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, shalat dhuha dan dzuhur berjama‘ah, membaca dan menghafal Al Qur‘an surat pendek dan doa harian, dzikir bersama, ceramah agama. Juga melalui penanaman pemahaman yang berulang-ulang, cerita teladan dan pemberian contoh atau teladan. Hambatan dari upaya pembentukan sikap spiritual siswa ini ada dua faktor, 1) faktor dari dalam diri anak, yaitu keterbatasan dan kelainan yang ada pada diri anak dan 2) faktor dari luar yaitu faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun sekolah, kurangnya sarana prasarana, serta faktor kurangnya tenaga guru pembimbing khusus. Untuk faktor dari dalam diri siswa dengan pembimbingan yang berulang dan disertai dengan rasa kasih sayang agar lebih mudah diterima oleh siswa berkebutuhan khusus. Untuk faktor dari luar, yaitu dengan koordinasi yang intensif dengan orang tua dan menambah jumlah guru pembimbing khusus serta membekalinya dengan ilmu yang cukup tentang disabilitas siswa. Sedangkan sikap spiritual siswa berkebutuhan khusus setelah diterapkan strategi pembentukan sikap spiritual dengan beberapa metode, tercermin dari sikap siswa yang mau berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, memahami siapa pencipta alam semesta, rajin mengikuti kegiatan ibadah yang diselenggarakan sekolah, mampu mengingatkan temannya untuk menjalankan ibadah, berterima kasih ketika mendapat pertolongan atau diberi sesuatu, tidak mengganggu teman yang sedang beribadah dan bahkan mengajak temannya untuk melakukan ibadah. Kata Kunci: Pembentukan Sikap, Sikap spiritual, Siswa Berkebutuhan Khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Manshur, M.m.manshur999@ymail.comF12317301
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com197708122005012004
Subjects: Akhlak
Cacat - Tunarungu
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Strategi pembentukan sikap spiritual
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Manshur M.
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:28
Last Modified: 05 Dec 2020 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35264

Actions (login required)

View Item View Item