Peran Sosial Media Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah: studi multi kasus pada MTS Negeri Bangkalan dan MTS Nurul Cholil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Desiriyanti, Friska Dewi (2019) Peran Sosial Media Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah: studi multi kasus pada MTS Negeri Bangkalan dan MTS Nurul Cholil Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Friska Dewi Desiriyanti_F02317073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sosial media adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh orang-orang saat ini untuk berkomunikasi lewat smart phone. Dunia pendidikan ini sekarang sudah maju, guru sudah banyak menggunakan teknologi dalam berkomunikasi yang menggunakan sosial media. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran sosial media dalam meningkatkan profesionalisme guru, bagaimana hasil penggunaan sosial media dalam meningkatkan profesionalsme guru, apakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan sosial media untuk meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs Negeri Bangkalan dan MTs Nurul Cholil Bangkalan. Sehingga guru pendidikan agama Islam dikategorikan sebagai guru yang profesionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri Bangkalan dan MTs nurul Cholil Bangkalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan temuan dan analsis dari penelitian ini yaitu: pertama, peran sosial media ini sangat penting bagi guru sebagai infomasi yang dapat memberikan kemudahan dalam berkomunikasi sarana antara guru satu dengan guru yang lain, sebagai media diskusi,dan sebagai media pembelajaran. Kedua, hasil penggunaan sosial media dalam meningkatkan profesionalisme guru sangat efektif yaitu bisa sebagai informasi, sebagai arsip, sharing dan saling berinteraksi dengan sesama guru dan yang penting bisa sebagai silaturrahmi dengan guru yang lain Ketiga, faktor-faktor yang mendukung penggunaan sosial media untuk meningkatkan profesionalisme guru banyak sekali di antaranya dengan adanya WIFI di madrasah masing-masing, secara personal memiliki kouta internet sendiri, memiliki cadangan kartu atau smart phone, masing-masing lembaga memiliki website dan adanya jaringan yang kuat. Keempat, Faktor-faktor yang menghambat penggunaan sosial media untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu tidak ada kouta internet, jaringan tiba-tiba hilang/eror, sinyal lemah dan kesibukan tiap personal. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan menjadi acuan peneliti selanjutnya mengembangkan sosial media dalam meningkatakan profesionalisme madrasah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Desiriyanti, Friska Dewifriskaechi@gmail.comF02317073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com197310131997031002
Subjects: Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Uncontrolled Keywords: Sosial media; Profesionalisme; Profesionalisme guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desiriyanti Friska Dewi
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:24
Last Modified: 16 Aug 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35258

Actions (login required)

View Item View Item