Implementasi Metode Bernyanyi Angka dalam Mengembangkan Keterampilan Membilang 1-10 Kelompok A RA Islamiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayitno, Nurul Hidayati (2019) Implementasi Metode Bernyanyi Angka dalam Mengembangkan Keterampilan Membilang 1-10 Kelompok A RA Islamiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayati Suprayitno_D98215034 watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membilang kelompok A di RA Islamiyah Lakarsantri Surabaya. Teknik yang digunakan saat pembelajaran membilang masih sangat monoton yakni menjelaskan tanpa media. Dengan begitu, anak-anak cepat merasa bosan dan tidak tertarik dengan kegiatan membilang. Dengan kondisi yang seperti itu, diharapkan dengan adanya penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan keterampilan membilang dan membuat anak-anak merasa senang dengan kegiatan matematika dasar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan test lisan. Penelitian ini melibatkan 15 anak. Dan Hasil penelitian membuktikan bahwa untuk meningkatkan keterampilan membilang anak. Metode bernyanyi ini dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran yang dimana pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan membilang anak usia. Jika anak-anak senang dengan metode ini maka saat pembelajaran berlangsung anak akan merasa senang dan nyaman dalam menerima ilmu dari guru. Untuk mengetahui hasil dari metode bernyanyi angka ini untuk meningkatkan keterampilan membilang dapat dilihat dari bukti hasil pengamatan di setiap siklus, di dalam tahap siklus I, peningkatan keterampilan membilang anak berpredikat “MB” Mulai Berkembang. Sedangkan di tahap siklus II rata-rata berpredikat “BSB” Berkembang dengan sangat baik. Selain dapat mengembangkan keterampilan membilang, metode bernyanyi ini juga dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Dengan begitu diharapkan guru dapat mendesain metode bernyanyi angka ini semenarik mungkin,agar anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayitno, Nurul Hidayatinurulhidayatisuprayitno22@gmail.comD98215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorSyafi'i, ImamUNSPECIFIED197011202000031002
AuthorDjiwo, Al-Qudus NofiandriUNSPECIFIED197311162007101001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi Angka ; Keterampilan Membilang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Suprayitno Nurul Hidayati
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:53
Last Modified: 16 Aug 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35241

Actions (login required)

View Item View Item