Pengaruh Mujahadah Terhadap Kecerdasan Peserta Didik (Studi di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Muhammad (2019) Pengaruh Mujahadah Terhadap Kecerdasan Peserta Didik (Studi di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MUHAMMAD YAHYA_F52317377.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mujahadah adalah sebuah aktifitas fisik, yang berimplikasi terhadap kesadaran batin. Muja<hadah selama ini diyakini mampu membentuk karakter, kecerdasan maupun aspek-aspek lain di luar keumuman manusia. Menurut beberapa ahli, kegiatan muja<hadah disinyalir mampu meningkatkan kecerdasan IQ, EQ maupun SQ. Namun sayangnya, asumsi itu tidak disertai dengan penelitian yang merujuk pada data-data yang valid. Pentingnya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh muja<hadah terhadap kecerdasan Peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hepotesa yang sudah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya, yaitu aktifitas muja<hadah memiliki pengaruh signifikan terhadap kecerdasan manusia, baik IQ,EQ maupun SQ.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kombinasi (mixed methode) jenis Squentual Exploratory Design. Langkah-langkah yang penulis gunakan diawali dengan Kualitatif yang isinya adalah melihat masalah yang potensial, dilanjutkan dengan Kajian teori, kemudian pengumpulan data dan temuan hipotesis. Untuk kuantitatif diawali dengan melihat populasi dan sampel, pengumpulan data, analisis data dan diakhiri dengan kesimpulan sekaligus saran. Sedangkan Objek penelitian ini adalah para praktisi Muja<hadah di madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, yang berjumlah 53 siswa/Santri. Pada data pertama didapatkan bahwa R Square (koefisien determinasi)=0,124 menunjukkan bahwa Puasa Sunnah (X1) dan Doa/Wirid (X2) secara simultan (sama-sama) tidak berpengaruh pada Kecerdasan Intelektual, karena di atas 0,005. Sedangkan hasil kedua menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Puasa Sunnah dan Doa/Wirid sebesar -,030. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Puasa Sunnah dan Doa/Wirid lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 2 ditolak yang berarti Puasa Sunnah dan Doa/Wirid tidak berpengaruh terhadap Kecerdasan Emosional. Dan adapun hasil ketiga menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel Puasa Sunnah dan Doa/Wirid sebesar 0,019. Hal ini berati bahwa nilai signifikansi variabel Puasa Sunnah dan Doa/Wirid lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 2 ditolak yang berarti Puasa Sunnah dan Doa/Wirid tidak berpengaruh terhadap Kecerdasan Spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Muhammadyahya725@gmail.comF52317377
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIED1967031119920310
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yahya Muhammad
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:54
Last Modified: 16 Aug 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35240

Actions (login required)

View Item View Item