PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA AUTIS : STUDI KASUS DI SMA GALUH HANDAYANI SURABAYA

Albab, Hayyan Ahmad Ulul (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA AUTIS : STUDI KASUS DI SMA GALUH HANDAYANI SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Problematika atau Kendala pembelajaran adalah hambatan yang menjadikan pelaksanaan pembelajaran tidak efektif atau masalah, persoalan atau hal-hal yang menimbulkan masalah dalam pembelajaan yang belum bisa terpecahkan. Kendala-kendala dalam pembelajaran PAI dapat berasal dari guru, peserta didik, kepala sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana, materi, dan tujuan pembelajaran. Selain problem pembelajaran juga terdapat problem yang dimiliki oleh siswa autis, seperti problem kemampuan berkomunikasi, lemahnya kemampuan dalam berinteraksi sosial, problem prilaku dan kurang bisanya melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan disekitarnya.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dalam mencari jawaban bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis di SMA Galuh Handayani, apa saja problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis dan apa upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis di SMA Galuh Handayani.
Hasil penelitian menemukan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis di SMA Galuh Handayani menggunakan model pembelajaran kelas regular penuh atau inklusi penuh. Model pembelajaran kelas ini ditujukan kepada anak berkebutuhan khusus atau anak autis yang belajar bersama dengan anak tanpa berkebutuhan khusus sepanjang hari di kelas reguler dengan menggunakan kurikulum yang sama. Problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis di SMA Galuh Handayani Surabaya yaitu problem materi, problem prilaku, problem keterapaian tujuan pembelajaran, problem konsentrasi dan problem motivasi. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa autis di SMA Galuh Handayani Surabaya yaitu pertama tentang solusi problem materi, guru menyederhanakan materi pembelajaran PAI. Kedua solusi problem prilaku, guru lebih banyak melakukan kegiatan membimbing dengan pendekatan interaksi antara siswa dan guru. Ketiga solusi problem keterapaian tujuan pembelajaran, setiap hari Sabtu guru-guru dan tenaga-tenaga profesional melakukan kegiatan pelatihan dengan metode lesson study atau bisa dinamakan dengan in house training. Keempat solusi problem konsentrasi, dengan melakukan program layanan pembelajaran dan program layanan kekhususan dan kelima solusi problem motivasi, guru PAI harus bisa menanamkan sikap bahwa semua siswa autis itu seperti siswa normal pada umumnya

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hanun Asrohah
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Autis
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 02:50
Last Modified: 19 Jan 2016 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item