Makna Toleransi dalam Fenomena Pernikahan Lintas Agama di dusun Kalibago, desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri- Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Mei (2019) Makna Toleransi dalam Fenomena Pernikahan Lintas Agama di dusun Kalibago, desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri- Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mei Rahmawati_F02116025.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui makna dan cara manusia melakukan toleransi. Toleransi dalam kemajemukan, khususnya toleransi antar umat beragama sebagaimana yang ada di dusun kalibago desa Kalipang kecamatan Grogol, Kediri- Jawa Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa makna toleransi dari sudut pandang tiga agama berbeda dan secara hukum negara Indonesia, bagaimana perspektif teolog Kristen Paul F. Knitter dengan menggunakan teori interpretasi simbolik Clifford Geerzt dan fenomenologi Alfred Schuzt. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif melalui pengamatan terhadap orang-orang atau manusia yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, pengumpulan dan analisa data. Hasil penelitian, menganalisa bahwa ditemukan makna toleransi fenomena pernikahan lintas agama di dusun Kalibago desa Kalipang Kecamatan Grogol, Kediri-Jawa Timur. Penulis menganalisa bahwa bagaimana perbedaan agama yang ada di lingkup keluarga dan masyarakat di sana terjalin sangat harmonis. Sikap pluralis dalam wujud toleransi perlu dibutuhkan. Tentunya dengan beberapa cara diantaranya dialog antar agama,gotong royong dan berpegang teguh pada falsafah Jawa karena mayoritas warga Kalibago adalah suku Jawa. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi dan interpretasi simbolik. Dalam mengi-interpretasikan simbol yang ada, Tentunya keterlibatan pelaku pernikahan antar agama, warga dan para tokoh agama dan masyarakat. Sumber etika agama yang diajarkan menunjukkan bahwa prilaku menerima perbedaan agama sangat penting karena semua agama mengajarkan keselamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Meimeitob2016@gmail..comF02116025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNurhayati, Aniekmeitob2016@gmail.com196909071994032001
Subjects: Agama
Perkawinan
Toleransi
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Rahmawati Mei
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:42
Last Modified: 16 Aug 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35234

Actions (login required)

View Item View Item