Bimbingan dan Konseling Islam dengan Family Therapy untuk Mengatasi Rendahnya Self Esteem Anak Broken Home di Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasi'ah, Ulfilatud Dinariyah Arzaqil (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Family Therapy untuk Mengatasi Rendahnya Self Esteem Anak Broken Home di Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfilatud Dinariyah Arzaqil Wasiah_B03215036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif dengan judul “Bimbingan dan Konseling Islam dengan Family Therapy untuk Mengatasi Rendahnya Self Esteem Anak Broken Home di Wonocolo Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan family therapy mengatasi rendahnya self esteem anak broken home? Bagaimana hasil bimbingan konseling Islam dengan family therapy untuk mengatasi rendahnya self esteem anak broken home? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komperatif yaitu membandingkan antara teori bimbingan konseling Islam dengan family therapy dengan praktik di lapangan dan analisis hasil peneliti membandingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah dilakukan proses bimbingan konseling Islam dengan family therapy. Hasil akhir bimbingan dan konseling Islam dengan family therapy untuk mengatasi rendahnya self esteem anak broken home di Wonocolo Surabaya terdapat perubahan perilaku konseli yang semula mudah menangis saat diajak berkomunikasi mengenai orang tuanya, sulit jujur dan tidak terbuka dengan orang tua mengenai apa yang diinginkan, sulit berbaur dengan teman-teman sebaya dari lingkungan sekitar, dan tidak mau maju ke depan untuk menjawab pertanyaan dari guru, menjadi tidak mudah menangis saat diajak berkomunikasi tentang ayah dan ibunya, berani jujur dan terbuka kepada orang tua ketika menginginkan sesuatu, mau berbaur dengan teman-teman sebaya di kelas maupun kelompok bermain, dan mau maju ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan dari guru. Perubahan juga terlihat pada perilaku ibu konseli yang kini mau mendengarkan konseli saat sedang berbicara bersama tanpa menyela pembicaraan, berbicara dengan intonasi rendah pada konseli, menggunakan kata-kata yang halus ketika menasehati konseli dan lebih meluangkan waktu bersama konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasi'ah, Ulfilatud Dinariyah Arzaqilulfilatuddinariyah123@gmail.comB03215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlbaar, RagwanUNSPECIFIED196303031992032002
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga > Keluarga - Anak
Anak > Kepribadian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wasi'ah Ulfilatud Dinariyah Arzaqil
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:03
Last Modified: 16 Aug 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35230

Actions (login required)

View Item View Item